PEMBENTUKAN KREATIVITAS DAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN SENI TARI DI TK KELURAHAN SOKANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR
Kata Kunci:
Kreativitas, Kecerdasan Kinestetik, Seni Tari, Anak Usia DiniAbstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembentukan kreativitas dan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan seni tari di TK Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif fenomenologi. Subjek penelitian ini meliputi guru, kepala sekolah dan siswa-siswi TK Kelurahan Sokanegara yang konsisten mengikuti kegiatan seni tari yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan kreativitas dan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan seni tari membentuk kreativitas anak terhadap seni, tubuh anak menjadi luwes, anak dapat melakukan gerak secara terampil sesuai irama musik yang mengiringinya, koordinasi pikiran dan geraknya dapat dilakukan dengan baik, dan menambah daya tarik anak untuk bisa bebas bergerak, serta melatih mental anak ketika berani tampil didepan banyak orang. Pembentukan kreativitas dan kecerdasan kinestetik anak melalui kegiatan seni tari meliputi perencanaan yang didalamnya berisi persiapan kegiatan seni tari. Pelaksanaan seni tari dengan beberapa langkah yang dilakukan yaitu mengatur barisan sesuai tinggi anak, memberi materi dan contoh gerakan tari, menyeleksi anak terlihat kreatif dan mampu bergerak dalam menari dan konsisten mengikuti latihan, serta melakukan evaluasi kegiatan seni yang telah dilakukan disela-sela latihan dan setelah selesai mengikuti event atau penampilan tertentu.
Referensi
Barkah S., N. Zulfa. dan Annisa Puwani. 2022. “Improving Children’s Gross Motor Skills Through Movement And Song Activities At The Age Of 5-6 Years At TK Sejahtera Citeko Purwakarta Regency”, Jurnal Icecem Vol. 1 No. 1, hlm. 251-257.
Racmawati, Yeni. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Masganti, dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.
Sriwahyuni. 2021. “Pelaksanaan Kreativitas Anak Usia Dini di Tinjau dari Aspek Perkembangan Melalui Pembelajaran Seni Tari di Sanggar Mutiara Minang”, Jurnal Allayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol.1 No.2, hlm. 58-83.
Meitarini, Loveita. 2019. “Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kreatif untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Assaid Larangan”, Jurnal Intruksional, Vol.1 No.1, hlm. 32-42.
Mulyani, Novi. 2019. Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sujiono, Yuliani Nurani. & Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Nicholson, Kristen. 1998. Developing Students’ Multiple Intelligences. New York: Scolastic Professional Books.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (Dalam Kajian Neurosains). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hariwijaya, M. 2015. Metodologi dan Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Untuk Ilmu Sosial dan Humaniora, (Yogyakarta: Perama Ilmu.
Marwany, dkk. 2020. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Purwokerto Selatan: Wadas Kelir.
Marpaung, Junierissa. 2017. “Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak (Influences Of Caring Parenting On Multiple Intelligence)”, Jurnal Kopasta, Vol. 4, No. 1.
Sulaiman, Hamidah. dkk. 2020. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Pengasuhan Anak Lintas Budaya) (Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khairina, Waladani. Linda Yarni. 2022. “Kreativitas Anak Putus Sekolah Di Jorong Ampang Gadang 1 Kenagarian Maek Kabupaten Lima Puluh Kotaprovinsi Sumatera Barat”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2 No. 3, hlm. 1057-1063.