TRANSFORMASI PENDIDIKAN ANAK: STRATEGI DAN TANTANGAN ORANGTUA DALAM MENGASUH ANAK DI ERA DIGITAL

Penulis

  • Thorik Aziz Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Triana Safira Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Denik Arofah S Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Selvia Dwi Lusiana Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Mutmainnah Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia

Kata Kunci:

Strategi Orangtua, Tantangan Mengasuh Anak, Era Digital

Abstrak

Penelitian ini mengkaji transformasi pendidikan anak di era digital dengan fokus pada strategi dan tantangan yang dihadapi oleh orangtua dalam mengasuh anak-anak mereka. Era digital telah mengubah cara anak-anak belajar dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka, sehingga menimbulkan kebutuhan baru dalam pengasuhan anak. Penelitian ini menggunakan metode library research yang dalam mengumpulkan datanya dengan mengelaborasi berbagai sumber literatur, termasuk buku, jurnal, e-book, dan literatur lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (Content Analysis) terhadap jurnal-jurnal dan dokumen lain yang diakses melalui internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk pengawasan penggunaan teknologi, pengembangan literasi digital, dan menjaga keseimbangan antara waktu online dan offline. Namun, orangtua juga mengembangkan beragam strategi kreatif untuk mendukung pendidikan anak di era digital, seperti penggunaan aplikasi pendidikan, dialog terbuka mengenai media sosial, dan kolaborasi dengan sekolah. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran orangtua dalam memahami dan menghadapi perubahan-perubahan ini, serta menyediakan lingkungan pendidikan yang seimbang dan mendukung bagi anak-anak mereka. Transformasi pendidikan anak di era digital adalah proses yang dinamis, dan penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi orangtua, pendidik, dan pihak-pihak terkait dalam menghadapi tantangan ini dengan efektif.

Referensi

Andriyani, Isnanita Noviya. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam Volume 7, Nomor 1, Juli 2018; p-ISSN 2442-2401; e-ISSN.

Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: CV. Diponegoro, 2009.

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, jakarta: PT raaja grafindo persada, 2003.

Herlina, Dyna, Benni Setiawan dan Gilang Jiwana. Digital Parenting: Mendidik Anak di Era Digital. Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.

Mahar Prastiwi dan Dian Ihsan, Psikolog UGM: Orangtua Wajib Tau 8 Karakteristik Generasi Digital, 2021, https://edukasi.kompas.com/read/2021/04/27/160900471/psikolog-ugm--orangtua-wajib-tahu-8-karakteristik-generasi-digital?page=all diakses pada tanggal 09, 10, 2023.

Mestika Zed, Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Milya Sari & Asmendri, Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1), 2020.

Natalia Setyawati, Implementasisanksi pidana bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah saat terjadinya pandemi Covid19. Jurnal Education And Evelopment, 8 (2), 2020.

Novi Kurnia, dkk, Literasi Digital Keluarga, Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet. Yogyakarta: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM, 2017.

Novi Kurnia, dkk, Literasi Digital Keluarga, Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet. Yogyakarta: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM, 2017.

Setiawan, S. (2017). Pengaruh Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dan Regulasi Diri Terhadap Disiplin Siswa (SMP 17 Agustus 1945 Samarinda). Ejournal.Psikologi.Isip- Unmul.Ac.Id, 5 (2).

Sevigny, Phillip R, Loutzenhiser Lynn & McAuslan Pam. Development and Validation of the Faathering Self-Effi cacy Scale. Psychology of Men & Masculinity, Vol. 17, No. 1, 2016.

Wahid, Amirul RWZ dan Bagus Prayogi, (2021), Preservasi Budaya Osing Melalui Internalisasi Budaya Berbasis Sekolah Adat Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat, Journal of Education and Teaching Learning (JETL) Volume 3, No 2, Mei 2021.

Wirakusuma, Ardi, “Memicu Konflik dalam Kontroversi RUU Pornografi”: Suara Merdeka No.XXI, Semarang, Tanggal 25 Januari 2009.

Yustina Tritularsih & Wahyudi Sutopo, Peran Keilmuan Teknik Industri Dalam Perkembangan Rantai Pasokan Menuju Era Industri 4.0. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 2017.

Zaini, Muhammad dan Soenarto. 2019. Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usian Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Thorik Aziz, Triana Safira, Denik Arofah S, Selvia Dwi Lusiana, & Mutmainnah. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN ANAK: STRATEGI DAN TANTANGAN ORANGTUA DALAM MENGASUH ANAK DI ERA DIGITAL. QURROTI: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 70–87. Diambil dari https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/qurroti/article/view/179