PERKEMBANGAN DAN STIMULASI KEAKASARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 4 BANJAR REJO
Kata Kunci:
Perkembangan, Stimulasi, Keaksaraan AnakAbstrak
ABSTRAKPembelajaran keaksaraan merupakan proses menstimulasi, membimbing, mengasuh dan memberikan kegiatan bermain yang bermakna, aman, nyaman dan menyenangkan sesuai tahap perkembangan anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan stimulasi keaksaraan anak di Kelompok B TK ABA 4 Banjar rejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah kelompok B yang terdiri dari 18 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak di TK ABA 4 Banjar rejo dapat menstimulasi perkembangan keaksaraan dengan metode pembelajaran yang diberikan yaitu metode bercerita, bernyanyi, tebak kata dan media kartu huruf. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan perkembangan kemampuan keaksaraan anak secara signifikan dengan hasil 98% berkembang dengan baik dan 2% belum berkembang dengan baik.
Referensi
A. Novarita, R.P. Sari, dan M.Haryon. “Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak Melalui Pemanfatan Bahan Alam Bebatuan Pada Kelompok Bermain.” Early Child Research and Practice - ECRP 2, no. 3 (2022).
Elya, Monica Hotma, Nadiroh, N., Nuraini, dan Y. “Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019).
Febriyani, Khan, Elsa, Rosa. “Kajian Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Dan Pengembangannya Menggunakan Media Belajar.” Seminar Pendidikan dan Pembelajaran, 2021.
Haryanti, Dwi, dan Dhiarti Tejaningrum. Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. 1 ed. Pekalongan, Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management, 2020.
Hofifah, Dini Aliyatul, Dewi Siti Aisyah, dan Nancy Riana. “Peningkatan Keaksaraan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Gambar Variasi.” JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal 5, no. 1 (2022).
Mukarromah, Tsali Tsatul, Ruli Hafidah, dan Novita Eka Nurjanah. “Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020).
Permendikbud 137-2014 Standar Nasional PAUD, 2014.
Sari, Fitria Arum, Ruli Hafidah, dan Novita Eka Nurjanah. “Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Media Sandpaper Letters Pada Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal Kumara Cendikia 8, no. 1 (2020).
Sholihah, dkk, Maratus. “Strategi Guru Dalam Menangani Anak Yang Mengalami Keterlambatan Dalam Berbahasa.” Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anank Usia Dini dan Al-Qur’an 1, no. 1 (2022).
Tunnazah, Nuraeni, Fitria, Lenny. “Stimulasi Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Celengan Huruf Di Masa Pandemi Covid 19.” Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovativ Adaptif) Vol 5, no. 4 (2022).