PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENAL HURUF (NARU) BAGI ANAK BA ‘AISYIYAH TALANG KLATEN

Penulis

  • Fu’ad Arif Noor STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
  • Miati Oktania BA ‘Aisyiyah Talang Klaten, Indonesia

Kata Kunci:

Pengembangan, Media, Pembelajaran, Interaktif, NARU

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui  prosedur  pengembangan media pembelajaran interaktif pengenal huruf pada anak usia dini, sekaligus mengetahui tingkat kelayakan produk media pembelajaran interaktif pengenal huruf pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development. model pengembangan ADDIE (analisis, perancangan, pengembangan dan implementasi, dan evaluasi) yang diadaptasi dari Lee & Owens. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Pada tahap evaluasi produk dilakukan penilaian oleh guru sebagai pengguna pertama dan siswa sebagai pengguna kedua. Penelitian ini dilakukan di BA `Aisyiyah Talang II dengan subyek penelitian yang melibatkan 15 siswa untuk uji coba lapangan dengan sebelum memakai Media Pembelajaran Interaktif NARU dengan setelah memakai Media Pembelajaran Interaktif NARU. Teknik analisis data yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian ini adalah: (1) model media pembelajaran interaktif pengenal huruf untuk anak usia dini yang tepat untuk pembelajaran anak unsur materi pokok huruf dasar, latihan soal evaluasi, objek multimedia yang mendukung penyajian materi,  tata  letak  (layout)  yang  konsisten,  tampilan  visual  yang  menarik, komposisi warna yang serasi, dan kemudahan pengoperasian program, (2) uji fungsionalitas media pembelajaran interaktif pengenal huruf pada anak usia dini meliputi penyajian materi, kemudahan navigasi, link, dan animasi, (3) penilaian kelayakan  oleh  ahli  materi  memperoleh  nilai  rata-rata  4,66  termasuk  dalam kategori sangat layak, penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh nilai rata- rata 4,55 termasuk dalam kategori sangat layak, penilaian terhadap pengguna guru memperoleh nilai rata-rata 4,61 termasuk dalam kategori sangat layak.

Referensi

Anggraini. (2018). “Pengembangan Media Interaktif dalam Pengenalan Huruf Pada Anak Kelompok A Di TK Kartika II-4 Palembang”, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar Arsyad, (1997). Media Pengajaran, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Basyiruddin Usman, (2002). Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Carol & Barbara A Wasik Seefeldt. (2006). Pendidikan Anak Usia Dini. Alih bahasa: Pius Nasar. Jakarta : Indeks.

________. (2008). endidikan Anak Usia Dini: menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta : Indeks, 2008

Carol Seefelt & Barbara A Wasik, (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Cecep, Kustandi & Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual Dan Digital, Bogor: Ghalia Indonesia.

Daryanto, (2013). Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Herman dwi Surjono, (2017). Multimedia Pembelajaran Iteraktif konsep dan pengembangan, Yogyakarta: UNY Press, 2017.

Hujair AH. Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran Penggunaan Dan Pembuatannya, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.

Rasyid, H., Mansyur, dan Suratno, (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: penerbit Multi Pressindo.

Rusman, (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Bandung: Alfabeta.

Slamet Suyanto, (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: ALFABETA.

Sukiman, (2012). Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka.

Suraya Atika. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Membaca Permulaan Anak Usia 5 – 6 Tahun”, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

Sutopo, Ariesto Hadi. (2003). Multimedia Interaktif dan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widoyoko Eko Putro, (2010), Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-11

Cara Mengutip

Fu’ad Arif Noor, & Miati Oktania. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENAL HURUF (NARU) BAGI ANAK BA ‘AISYIYAH TALANG KLATEN. QURROTI: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 27–37. Diambil dari https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/qurroti/article/view/154