PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID BeMAU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
android, membaca, anak usia diniAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca AUD di era digital. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) bagaimana desain pengembangan aplikasi android “BeMAU” untuk meningkatkan kemampuan membaca AUD?; 2) bagaimana penerapan aplikasi android “BeMAU” untuk meningkatkan kemampuan membaca AUD?; 3) bagaimana kelayakan aplikasi android “BeMAU” untuk meningkatkan kemampuan membaca AUD?. Sedangkan tujuannya 1) untuk mengetahui desain pengembangan aplikasi android “BeMAU” untuk meningkatkan kemampuan membaca AUD; 2) untuk mengetahui penerapan media aplikasi android “BeMAU” untuk meningkatkan kemampuan membaca AUD; 3) untuk mengetahui kelayakan aplikasi berbasis android “BeMAU” untuk meningkatkan kemampuan membaca AUD. Penelitian ini menggunakan metode R&D dan menghasilkan aplikasi android “BeMAU” untuk meningkatkan kemampuan membaca pada AUD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak-anak RA Al Fitroh Tempel usia 5-6 tahun. Hasil penelitian bahwa :1) Desain pengembangan harus diperhatikan dalam pengembangan aplikasi android “BeMAU” yaitu: (1) desain animasi pada tampilan, (2) pemilihan font, (3) coloring, (4) pemilihan kata (5) kejelasan pada setiap bacaan. 2) prosedur penerapan dalam aplikasi android “BeMAU” adalah sebagai berikut : (1) pengondisian anak dengan klasikal, (2) mengenalkan huruf dengan bernyanyi dan bermain tebakan, (3) mengenalkan aplikasi android “BeMAU”, (4) mengajak anak belajar dengan aplikasi “BeMAU”. 3) kelayakan dan potensi pengembangan aplikasi android “BeMAU” untuk meningkatkan kemampuan membaca AUD terbukti layak digunakan di PAUD yang dibuktikan dengan score validasi ahli media 4,4; ahli materi 4,3; praktisi 4,6; guru kelas 4,7 dan angket anak.
Referensi
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung : PT Remaja Rodaskarya, 2009.
Raudatul Jannah.2021, “Pengembangan Media Big Book pada Tema Binatang Ternak Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Harapan Ibu Lima Kaum, dalam Skripsi, Jurusan PIAUD IAIN Batusangkar, 2021.
Riwayati Zein, Roza Dahlia, dan Ana Diana Tonara, “Pengaruh Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bhakti Bunda Padang”, dalam Jurnal Pendidikan Tambusai, 2020.
Riwayati Zein dan Vivi Puspita, “Efektivitas Model Bercerita Terpadu Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun”, dalam Jurnal Obsesi ,2021.
Setyorini, “Pandemi Covid-19 Dan Online Learning : Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurukulum 13?”, Dalam Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 2020.
Sugiyono, Arikunto, Cara Dahsyat Membuat Skripsi, Madiun: Jaya Start, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2016.
Sujadi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Sosiologi UGM, 2014.