IMPROVING THE CREATIVITY OF CHILDREN WITH ADHD THROUGH LITERACY
Keywords:
ADHD, Multisensory Literacy, Play Therapy, Personal-Social Guidance ModelAbstract
Reliable and qualified Human Resources (HR) can be realized through improving the quality of education where this can be achieved through literate HR. High literacy skills will produce creativity in the form of new ideas or ideas that are useful for solving problems. Children with concentration disorders such as ADHD need learning stimulation that can help increase creativity through literacy. So it is necessary to develop literacy models in order to increase the creativity of children with ADHD to be more optimal. Literacy models that can be developed include: 1) Multisensory literacy models; 2) the play therapy model and 3) the personal-social guidance model. The right literacy model will help children minimize and reduce the symptoms of ADHD which in turn can focus on developing interests and talents to be more creative.
References
Abdollahian, E., Mokhber, N., Balaghi, A., Moharrari. 2013. The effectiveness of cognitive-behavioural play therapy on the symptoms of attentiondeficit/hyperactivity disorder in children aged 7-9 years. ADHD Atten Def Hyp Disord 5:41-46
Abdurrahman, M. 2012. Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Baihaqi, M. 2016. Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.
Baihaqi., Sugiarmin. 2006. Memahami dan Membantu anak ADHD. Bandung: Refika Aditama.
Baines, Lawren. 2008. A Teacher’s Guide to Multisensory Learning. USA: Association for Supervisor Curriculum Development.
Barzegary, L., Zamini, S. 2011. The effect of play therapy on children with ADHD Procedia. Social and Behavioral Sciences. 30: 2216-2218.
El-Nagger, N.S., Abo-Elmagd, M.H., Ahmed, H.I. 2017. Effect of applying play therapy on children with attention deficit hyperactiveity disorder. Journal of Nursing Education and Practice. Vol. 7.No.5. pp 104-118.
Fitri, Nur Lailatul. 2018. Pengembangan Literasi Multisensori pada Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Al hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education. Volume 1, April 2018. Hal 503-512.
Hatiningsih, Nuligar. 2013. Play Therapy untuk Meningkatkan Konsentrasi pada
Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.Vol.01.No.02. Agustus 2013. ISSN:2301-8267
Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Iswinarti., Cahyasari, Astrie. 2017. Meningkatkan konsemtrasi anak Attention Deficit Hyperactive Disorder melalui Permainan Tradisional Engklek.
Prosiding Temu Ilmiah X Ikayan Psikologi Perkembangan Indonesia 22-
Agustus 2017 Hotel Grasia Semarang. Hal 126-138
Jaya, A.K. 2016. Pola Bimbingan dalam Menumbuhkan Bakat Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactiveity Disorder) di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran (PPAP) Seroja Surakarta. Skripsi yang Dipublikasikan
Kharizmi, Muhammad. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Prosdiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar SPS UPI 2015. Hal 149-160.
Mahabbati, Aini. 2013. Mengenali Gangguan Attention Deficit Hiperactive Disorder (ADHD) pada Anak. WUNY Majalah Ilmiah Populer. Tahun XV, No.2, Mei 2013. ISSN: 0126-3854
Maknun, L.L. 2011. Efektivitas Terapi Bermain terhadap Peningkatan Konsentrasi pada anak ADHD. Sripsi yang Dipublikasikan.
Munawir, Yusuf. 2003. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Nuryanti. 2007.Penerapan Terapi Bermain Bagi Anak ADHD (3).
Olivia, Femi. 2011. Merangsang Otak Anak dengan Corat-Coret. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
P, A. Dayu. 2012. Mendidik Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder) hal-hal yang tidak bisa dilakukan obat. Jogjakarta: Javalitera.
Pangastuti, Ratna. 2014. Edutainment PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Paternotte, Arga & Buitelaar, Jan. 2010. ADHD Attention Deficit Hyperactive Disorder. Jakarta: Pernada
Permatasari, Ane. 2015. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi, Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015. Hal 146-156.
Qoimudin, Ihwan Salis. 2016. Peningkatan Keterampilan Artikulasi Melalui Pendekatan Visual, Auditori, Kinestetik, Taktil (VAKT) pada Anak
Tunarungu Kelas Dasar II di SLB Wiyata Dharma Tempel. Widia Ortodidaktika Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol.5, No.1.
Ruhaena, Lisnawati. 2015. Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1).
Santoso, Hargio. 2012. Cara Memahami & Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yoyakarta: Gosyen Publishing.
Sholihuddin, Muhammad. 2013. Pengaruh Kompetensi Individu terhadap Literasi Media Internet di kalangan Santri. E-journal.unair.ac.id. Diakses pada 12 januari 2019.
Sugiharto, Hendy., Yuliati. 2016. Metode VAKT terhadap Kemampuan Membaca Anak Kesulitan Belajar di SDN Masangan Kulon Sukdono Sidoarjo.
Jurnal Pendidikan Khusus.Vol.7, No.4. Hal 1-8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Tedjasaputra, S. Mayke. 2005. Bermain, Bermain dan Permainan. Jakarta: Grasindo.
Trilaksono, D., Darmadi., Murtafiah, W. 2018. Pengembangan media pembelajaran Matematika menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. AKSIOMA. Vol 7. No. 2 (2018) hal 180-191.
Tutupoly, J. F., Siswati & Widodo, P. D. 2013. Efektivitas Metode Multisensori terhadap Kecakapan Mengingat Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar (Studi Eksperimental di SD Negeri Tembalang Semarang). Jurnal Psikologi Undip, 12 (2).
Veskarisyanti, A Galih. 2008. 12 Terapi Autis Paling Efektif dan Hemat. Yogyakarta: Percetakan Galangpress
Widiyati, Wiwik. 2015. Pembelajaran Sensorimotor untuk Anak Autis di PAUD Inklusi Sebuah Tinjauan Psikologis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan UNS & ISPI Jawa Tengah “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi. ISBN: 978-979-3456-52-2. Hal 169-176.
Willis, Judy. 2008. How Your Child Learns Best. Illinois: Sourcebooks. Inc.
www. literasi.jabarprov.go.id
Yasri, H.,T. 2014. Efektivitas Terapi Sensori Integrasi terhadap Penurunan Perilaku Hiperaktifanak ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder) di Pusat Terapi Fajar Mulia Ponorogo. Thesis yang Dipublikasikan.
Yuliana, Yayuk. 2017. Teknik Guru dalam Menangani Anak Hiperaktif (Studi Kasus di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sukopuro Jabung Malang). Skripsi yang dipublikasikan.
Zaviera, Ferdinand. 2007. Anak Hiperaktif-Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi. Jakarta:Katahati.