MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI LINGKUNGAN SEKITAR

Riska Tiara Putri, Ahmad Tarmizi Hasibuan, Selfia Melati

Abstract


Pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran wajib pada anak sekolah dasar, mata pelajaran ini memiliki tujuan patriotisme sejak dini. Minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kurang menarik disebabkan metode atau cara pembelajaran yang kurang menarik, kreativ, daan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. penelitian menggunakan metode deskrptif kualitatif dangan teknik wawancara kepada peserta didik yang terpilih. Metode ini dilakukan dengan melihat dan mewawancarai responden yang terpilih yang mana subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki laki yang beralamat di Jl.Taduan,  pancing, Sumatera Utara. Dan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kurang diminati. Kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran PKN ini di sebabkan metode dan strategi pembelajaran yang kurang menarik dan bersifat membosankan.


Keywords


Minat, Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Ardani, Margaretta Ni Made. “Meningkatkan Minat Belajar Pkn Melalui Metode Bermain Peran Siswa Kelas Iv Sd Inpres 3 Tolai.” Jurnal Kreatif 3, No. 3, 2014.

Azkia, Nura, And Nur Rohman. “Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sd/Mi.” Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar 4, No. 1, 2020.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Fitria Ananda, Mawaddah Mawaddah, Rabitha Minfadlih Putri, And Siti Rodina Aisah Siregar. “Kreativitas Guru Menggunakan Metode Pembelajaran Pkn Di Sdn 010 Hutapuli.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, No. 2, 2022.

Hasibuan, Ahmad Tarmizi, And Andi Prastowo. “Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi.” Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman 10, No. 1, 2019.

Hazanah, Vovi Nur. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Hak Asasi Manusia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sman 17 Bandung.” Phd Thesis, Fkip Unpas, 2017.

Hidayat, Heri, Heny Mulyani, Sri Devi Nurhasanah, Wilma Khairunnisa, And Zakitush Sholihah. “Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 8, No. 2, 2020.

Ilmiah, Naskah Publikasi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, And T R I Sudarmi. “Meningkatkan Minat Belajar Pkn Dengan Strategi Numbered Heads Together ( Nht ) Pada Siswa Kelas Iv Semester Ii Sdn 1 Socokangsi Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013,” 2013.

Isma, Cut Nelga, Nur Rohman, And Istiningsih Istiningsih. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 Di Min 13 Nagan Raya.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, No. 1, 2022.

Lambert, Vickie A., And Clinton E. Lambert. “Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design.” Pacific Rim International Journal Of Nursing Research 16, No. 4, 2013.

Mariati Mauly Bellanisa. “Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Min Di Tangerang Selatan,” 2015.

Peraturan Pemerintah. “Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan,” N.D.

Palimbong, Anthonius. Sainudin, Sainudin. Jamaludin, Jamaludin. “Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan ( Pkn ) Melalui Belajar Kelompok Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Kayuku Rahmat.” Jurnal Kreatif Tadulako 4, No. 12, 2016.

Rakasa, Indra. “Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik.” Psikologi Pendidikan, 2011.

Rohman, Nur. “Analisis Teori Behaviorisme (Thorndike) Pada Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Sdn Upt Xvii Mukti Jaya Aceh Singkil.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, No. 2, 2021.

Rohman, Nur, Istiningsih Istiningsih, And Ahmad Tarmizi Hasibuan. “Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pgmi Melalui Program Pengayaan Keterampilan Mengajar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, No. 1, 2022.

Saputri, Shinta Desi. “Konsep Cinta Tanah Air Perspektif Kh. Hasyim Asy‟ Ari Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Phd Thesis, Uin Raden Intan Lampung, 2019.

Saputro, I, R Winarni, And M Indriayu. “The Implementation Of Civic Education As A Means Of Internalizing Nationalism To Primary School Students.” International Journal Of … 5, No. 1, 2021.

Sofiah, Sofiah. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Vi Sd Negeri 111/Ix Jaluko Kabupaten Muaro Jambi.” Jurnal Pgsd 11, No. 2, 2018. Https://Doi.Org/10.33369/Pgsd.11.2.91-99.

Sumardjoko, Bambang, And Muhamad Musyiam. “Model Of Civic Education Learning Based On The Local Wisdom For Revitalizing Values Of Pancasila (Bahasa Indonesia).” Cakrawala Pendidikan 37, No. 2, 2018.

Sumiharsono, Rudy, And Hisbiyatul Hasanah. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru Dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi, 2017.

Taukhid, Hasan. “Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Pkn Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknik Learning Community Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri Babadan Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016.” Refleksi Edukatika 6, No. 2, 2016. Https://Doi.Org/10.24176/Re.V6i2.609.

Ulfa, Nufikha, Yayuk Hidayah, And Lili Halimah. “The Formation Of Nationalism Through Education Of Citizenship In Elementary School.” Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 13, No. 1, 2020. Https://Doi.Org/10.18860/Mad.V13i1.7935.

Wahyuningsih, Putri, Himmatul Hasanah, And Ahmad Tarmizi Hasibuan. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Tahfidz Al-Quran Di Abad 21.” Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education 3, No. 1, 2020.

Widayati, Sri. “Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa.” Edukasi Lingua Sastra 17, No. 1, 2019. Https://Doi.Org/10.47637/Elsa.V17i1.101.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v5i1.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.