PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TATAP MUKA DIMASA COVID-19 DI DESA RANUB DONG

Rohadatul Aisyi, Nur Rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui persepsi dari orang tua dan guru terhadap pembelajaran tatap muka di masa covid 19  di desa ranub dong tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif yang dimana hasil dari penelitian ini didapatkan dari proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Persepsi dari orang tua dan guru mengatakan bahwa pembelajaran tatap muka dimasa sekarang ini lebih efektif dari pada pembelajaran daring atau pembelajaran secara online, karena anak-anak udah mengerti jika ia menglihat lansung proses pembelajaranya, sedangkan jika pembelajaran yang dilakukan secara daring anak-anak mudah bosan didalam proses pembelajaran tatap muka dan semangat mereka berkurang dan juga para orang tua yang sulit untuk membagikan waktu nya dengan baik. Yang namun pembelajaran tatap muka ini dilakukan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan perencanaan yang matang agar proses pembelajaranya berjalan lancar dan ter arah sesuai tujuan pembelajaranya.


Keywords


Teori Persepsi, pembelajaran tatap muka, persepsi orang tua & guru

Full Text:

PDF

References


Aisa, Aufia, dan Linta Lisvita. “Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19.” JoEMS (Journal of Education and Management Studies) 3, no. 4 (23 Agustus 2020).

Aziz, Aminuddin. “Problematika Siswa Di Daerah Perbukitan Dalam Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh: Tudi Kasus Siswa Di Kawasan Perbukitan Semar Desa Manting Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.” Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021.

Dalegi, Feiderina Retna, Elfie Mingkid, dan Sintje Rondonuwu. “Community Perceptions About Online News In The Sindo Newspapaer (A Study Of The Community In The Kombos Timur Sub-District Of Singkil In The City Of Manado).

Erliani, Saadah, Akhmad Hb, dan Nadya Putri Budiana. “Persepsi Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Di Kota Banjarbaru Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jambura Elementary Education Journal 2, no. 2 (31

Desember 2021.

Hidayati, Nurul. “Persepsi Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan Di SDN 51 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 1 (5 Agustus 2016).

Jayanti, Fitri, dan Nanda Tika Arista. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura.” Competence : Journal of Management Studies 12, no. 2, 2018.

La Ode Onde, Mitra Kasih, Hijrawatil Aswat, Eka Rosmitha Sari, dan Nur Meliza. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6, 2021.

Latifah, Umi. “Kebijkan Penyelenggaraan Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Relevansinya Dengan Pola Asuh Orang Tua Menurut Zakiah Daradjat.” Diploma, IAIN Ponorogo, 2020.

Listyana, Rohmaul, dan Yudi Hartono. “Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013).” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaranya 5, no. 01, 2015.

———. “Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2013).” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaranya 5, no. 01, 2015).

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.” Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK). Remaja Rosdakarya, 2007.

Nevid, Jeffrey S. PSIKOLOGI: Konsepsi dan Aplikasi. Nusamedia, 2018.

Nissa, Siti Faizatun, dan Akhmad Haryanto. “Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid -19.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8, no. 2, 2020.

Nugraha, Ugi. “Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi.” Cerdas Sifa Pendidikan 4, no. 1, 2015.

Nurhayati, Sovi Endah, dan Nani Ratnaningsih. “Persepsi Orang Tua, Guru, dan Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada Masa Pandemi Covid19.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1, 2022.

Rohman, Nur. “Analisis Teori Behaviorisme (Thorndike) Pada Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia SDN UPT XVII Mukti Jaya Aceh Singkil.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2, 2021.

Sabiq, Ahmad Fikri. “Persepsi Orang Tua Siswa tentang Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19.” Journal of Islamic Education Research 1, no. 3, 2020.

Simamora, Lambok. “Pengaruh Persepsi tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 4, no. 1, 2015.

Suwandayani, Beti Istanti, Kuncahyono, dan Ade Ika Anggraini. “Pola Implementasi Teori Konstruktivisme Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sekolah Dasar.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 5, no. 2, 2021.

Ulya, M. Abdul Wahid. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Microsoft Teams Pada Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam AlThariqah 6, no. 1, 2021.

Wati, Junita Ulfa Munah, Qongidahtul Rikza, dan Arum Dwi Rahmawati. “Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Di Kelas VII G MTS Negeri 4 NGAWI.” Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics 2, no. 1, 2021.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v5i1.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.