PENGUATAN KARAKTER (PROFIL) PELAJAR PANCASILA MELALUI KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN (STUDI DI SD ISLAM PLUS SALSABILA AL IKHSAN MAGELANG)

Hozaimi Hozaimi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter (profil) pelajar Pancasila melalui kegiatan Pesantren Ramadhan. Penelitian dilakukan di SD Islam Plus Salsabila Al Ikhsan Magelang pada Bulan Ramadhan hingga Syawal tahun 1443 Hijriyah, bertepatan dengan Bulan April hingga Mei tahun 2022 Masehi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kajian dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakter (profil) pelajar Pancasila yang terdiri atas (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebhinnekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif, ditemukan pada rangkaian acara pada Pesantren Ramadhan di SD Islam Plus Salsabila Al Ikhsan Magelang terdiri atas (1) Safari Bhakti Masjid, (2) Belajar Membaca dan Menghafal Qur’an, (3) Tematik asyik, (4) Berbagi Berkah, (5) Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT), (6) Latihan Adzan, (7) Latihan Pidato/Ceramah, (8) Kreativitas (Life Skill), dan (9) Halal bi Halal. Hal ini menunjukkan bahwa penguatan karakter (profil) pelajar Pancasila dapat dilakukan melalui kegiatan Pesantren Ramadhan.

Keywords


karakter, pelajar pancasila, pesantren ramadhan

Full Text:

PDF

References


Crawford, Alan, Saul, Wendy, and Mathews, Samuel R., Teaching and learning strategies for the thinking classroom, New York: The International Debate Education Association, 2005

Felder, Richard M. and Brent, Rebecca, Teaching and Learning STEM: A Practical Guide, San Francisco: Jossey-Bass, 2016

Goleman, Daniel, terjemahan, Social Intelligence: Ilmu Baru tentang Hubungan Antar-manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015

Goleman, Daniel, terjemahan, Emotional Intelligence, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018

Johnson, Elain B, terjemahan, contextual Teaching and Learning, Bandung: Kaifa Learning, 2014

Lickona, Thomas, terjemahan, Educating for Character, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Musanna, Al, “Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif,” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 16, no. 9 (2010)

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008

Rahmasari, Tri Padila, et al., “YouTube for Project Based Learning Publications as E-Learning Solutions in the Pandemic Period: Literature Review,” Pancaran Pendidikan 9, no. 3 (2020)




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v5i1.247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.