PERAN GURU DALAM MEMBANGUN MINAT MENGHAFAL AL QUR’AN PADA MASA PANDEMI DI MIT SAHABAT QUR’AN IBNU MAS’UD GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

Nabia Nurul Amalia, Fuad Arif Noor

Abstract


Penelitian ini dilakukan selama masa pandemi covid-19, bahwa minat belajar dan menghafal siswa sangat rendah, terutama dipengaruhi oleh pembelajaran yang dilakukan dengan sistem online (daring) membuat siswa lebih cepat bosan dan jenuh dengan adanya sistem pembelajaran yang monoton. Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar peran seorang guru dalam membangun minat menghafal Al Qur’an siswa pada masa pandemi. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru pengampu tahfidz dan siswa kelas 2 yang berjumlah 20 orang di MIT Sahabat Qur’an Ibnu Mas’ud Yogyakarta. Hasil penelitiannya bahwa: Peran guru dalam membangun minat menghafal Al Qur’an pada masa pandemi adalah: guru tahfidz selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada siswanya seperti pujian, nasihat dengan pendekatan cara mengobrol secara individu via telephone,  guru tahfidz tetap memberikan tugas menghafal kepada siswa untuk dihafalkan di rumah sesuai target yang telah ditentukan, dan guru melakukan apapun yang terbaik sebagai fasilitator untuk mendukung semangat menghafal di rumah dengan mengirimkan target hafalan anak. Hambatan yang dialami guru ketika membangun minat menghafal Al-Qur’an pada masa pandemi adalah: Adanya siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, keterbatasan interaksi antara guru dengan peserta didik, serta lingkungan yang kurang kondusif.


Keywords


Peran guru, Minat menghafal Al Qur’an, Masa pandemi

Full Text:

PDF

References


Agustina, Ria Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Proses Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 1 Wonosobo Kabupaten Tanggamusi, Lampung: UIN Raden Intan, 2017.

Al-Hafidz, Ahsin W. Bimbingan Praktis Menghafal Al Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Al-Qur’anulkarim; AL-HAMID Al-Qur’an Non Terjemah Bombay 18 Baris, Bekasi: Arrobih Murtadho, 2015.

Ash Shid, T.M Hasbi. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2002.

Dalyono, M. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Hanafi, Halid. La Adu & H. Muzakkir, Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah, Yogyakarta: Budi Utama, 2012.

Ichsan, Ilmi Zajuli. “COVID-19 Outbreak on Environment: Profile of Islamic University Students in HOTS-AEP-COVID-19 and PEB-COVID 19”, Tadris Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 5, No. 1 (Juni 2020)

Manizar, Elly. “Peran Guru sebagai Motivator dalam Pembelajaran”, Tadrib. Vol. 1, No. 2, Desember 2015.

Mappiare, Andi. Psikologi Remaja, Jakarta: Gramedia, 1989.

Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al Ma’arif, 1989.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta: REFERENSI, 2013.

Munawwir, A.W. Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Nuraisah, Mela. dkk, Pengaruh Pembelajaran Individual Terhadap Capaian Target Hafalan Al Qur’an, (Studi Kasus di kelas VIII A SMP Tahfidz Ar Rasyid Cibinong Bogor), Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah

Pendidikan Agama Islam. Vo. 1 No. 1B (2018).

Poerwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2006.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam, Padang: Kalam Mulia, 1992.

Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional, Riau: Indragiri Dot Com, 2019.

Senjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990.

Sugiyono. Metode Penulisan Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009.

Syarbini, Amirulloh. dan Sumantri Jamhari, Kedahsyatan Membaca Al Qur’an, Bandung: Publisher, 2012.

Thoifuri. Menjadi Guru Inisiator, Semarang: STAIN Kudus Press, 2008.

Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Undang-undang, Guru dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika, 2005.

Wargadinata, Wildana. “Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic”, Tadris Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 5, No. 1 (Juni 2020)




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v5i1.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.