KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG SLEMAN

Aulia Diana Devi, Imam Kahfi, Nyamini Nyamini

Abstract


Kepemimpinan yang baik akan menghasilkan output kerja yang baik juga terhadap suatu organisasi yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Sultan Agung Sleman. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah MI Sultan Agung Sleman, dan adapun metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah dalam memajukan mutu pendidikan di MI Sultan Agung, sebagai berikut: Kepala madrasah selalu memonitori dalam proses pembelajaran untuk mengetahui kekurangan atau apa saja yang harus diperbaiki dari standar yang sudah ada, baik dari cara guru mengajar, kelengkapan fasilitas, dan kerapihan kelas. Kepala madrasah selalu mengadakan evaluasi untuk memperbaiki apa saja permasalahan yang harus diselesaikan. Kepala madrasah menegur guru ketika ada salah satu guru yang menyimpang dari peraturan atau tartib yang ada di MI Sultan Agung. Kepala madrasah mewajibkan seluruh peserta didik sebelum lulus dari madrasahnya wajib hafal juz 30 dan bisa membaca dan menulis Al-Qur’an.

Keywords


Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Akbar, Muhammad Zulfahmi. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Man 2 Bima.” Jurnal El-Hikam 14, no. 1, 2021.

Asmani, Jamal Ma’mur. “Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional: Panduan Quality Control bagi Para Pelaku Lembaga Pendidikan.” Yogyakarta: Diva Press. 2009.

Bakar, A. A. Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an. Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset. 2009.

Basyar, Abdul. “Pentingnya Peran Pemimpin Dalam Permasalahan Sosial.” An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 01, 2017.

Budi, Santoso. “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Madrasah: Studi Kasus tentang Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Bendosari Sukoharjo.” dalam Jurnal Pasca UNS 1, no. 2 (2013).

E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung: PT Raja Grafindo Persada. 2006.

Endang Widi Winarni. Teori dan Praktik: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara. 2018.

Gaol, Nasib Tua Lumban. “Sejarah Dan Konsep Manajemen Pendidikan.” Jurnal Dinamika Pendidikan 13, no. 1, 2020.

Hanifah, dan Zainal Arifin. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transpormasional, Transaksional Dan Laissez Faire Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Pemerintahan Kota Banjarmasin.” Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Keuangan 6, no. 2, 2017.

Imam Gunawan. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Mardhotillah, Nurul. “Strategi Laissez Faire Dalam Mengembangkan Tahfidz Al-Qur’an Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sukodono Lumajang.” Khazanah: Jurnal Edukasi 2, no. 2, 2020.

Mardiyah. Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi. Malang: Aditya Media Publishing. 2012.

Munawaroh, Siti. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 7, no. 1, 2017.

Rambe, Joonner, dan Isnaria Isnaria. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Yang Berimplikasi Pada Kinerja Karyawan Di PT. Maschil Sukses Makmur (New Vision).” Jurnal Manajemen Fe-Ub 6, no. 1A, 2020.

Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Syarifah, Hidayatus. “Pendidikan Dalam Keluarga.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 2, no. 1, 2017.

Taulabi, Imam. “Kepemimpinan Sosial Dalam Pendidikan.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 23, no. 2, 2012.

Undang-undang Sisdiknas, Sistem Pendidikan Nasional No 19 tahun 2005. Bandung: Fokus Indo Mandiri, 2012.

Utu, Nur Maulida, dan Beny Sintasari. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di MTs Miftahul Ulum Cermenan Jombang.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 1, no. 1, 2021.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v5i1.239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.