HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Dessy Ahsan, Anas Salahudin, Dede Rohaniawati

Abstract


Wabah Pandemi Corona Virus Disease atau lebih dikenal sebagai COVID-19 menimbulkan beberapa perubahan aspek kehidupan di seluruh dunia, termasuk perubahan pada aspek pendidikan di Indonesia. Pada aspek pendidikan kondisi ini mengharuskan guru dan siswa berinteraksi melalui media online.  Tujuan dasar penelitian ini untuk melihat (1) Bagaimana penggunaan media youtube dalam pembelajaran matematika di MIN 2 Kuningan, (2) Bagimana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika di MIN 2 Kuningan dan (3) Bagaimana keterkaitan antara penggunaan media youtube terhadap kemampuan bepikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika di MIN 2 Kuningan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data angka-angka tersebut diperoleh dari hasil analisis statistik menggunakan SPSS 20 for windows. Metode menggunakan metode korelasi dengan jenis data penelitian deskrtiptif kuantitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kuningan. Adapun hasil penelitian ini (1) Penggunaan media Youtube dalam pembelajaran matematika di MIN 2 Kuningan bersifat Potensial sebesar 69,45% dengan kategori Baik, Praktis sebesar 69,43% dengan kategori Baik, Informatif sebesar 78,86% dengan kategori Baik, Interaktif sebesar 74% dengan kategori Baik, Shearable sebesar 74,77% dengan kategori Baik, dan Ekonomis sebesar  67,5% dengan kategori Baik. (2) Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di kelas 5 MIN 2 Kuningan dari rata rata siswa yang mampu menjawab soal dengan kata kerja operasional menganalisis (C4) sebesar 65,9% kategori Baik, kata kerja operasional mengevaluasi (C5) sebesar 58,82%  kategori Cukup, kerja operasional mencipta (C6) sebesar 59,66% kategori Cukup. (3) Terdapat pengaruh hubungan positif antara media Youtube dan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berada dalam kategori tingkat hubungan Sedang sebesar 0,476 dengan nilai pengaruh hubungan sebesar 22,7 %.


Keywords


Media Youtube, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Full Text:

PDF

References


Arham, Mutmainnah. “Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran,” 2020.

Astupura, Dwi Aprilia, and Hadma Yuliani. “Korelasi Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi Dan Keterampilan Proses Sains Pada Matei Pokok Cahaya.” Edu Sains 3, no. 2 (2015).

Burnett, and Melissa. “Integrating Interactive Media Into The Classroom: Youtube Raises The Bar On Student Perfomance,” 2008.

Daniel, Sir John. “Education and the COVID-19 Pandemic.” PROSPECTS 49, no. 1 (2020).

Dinni, Husna Nur. “HOTS (High Order Thinking Skills ) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika.” In Prisma, 1:170–76, 2018.

Faisal, Sanapiah. “Metodologi Penelitian Pendidikan.” Surabaya: Usaha Nasiona, 1982.

Faye, Ibrahima. “Students’ Perception in the Use of Self-Made YouTube Videos in Teaching Mathematics.” Proceedings of IEEE International Conference on Teaching, Assessment and Learning for Engineering: Learning for the Future Now, TALE 2014, no. December (2015).

Hidayati, Arini Ulfah. “Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4, no. 20 (2017).

Huwaidah, Anisa Isnaini. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Di SDN 1 Nologaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. SKRIPSI, 2019.

Iskandar, W. “Evaluasi Program Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) Di Mi At-Taqwa Guppi Wojowalur Yogyakarta Tahun AJARAN 2018/2019.” Jurnal Bunayya I, no. 3 (2020).

Kastarina, Yuni, Tegus S Karniman, and Anggraini. “Penerapan Model Pembelajaan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Fungsi Komposisi Di Kelas XI IPA I SMAN 7 Palu.” AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 3 (2016).

Khairuddin. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Ditengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan “EDUKASI” 8, no. 2 (2020).

Khanom, Mehrunnissa. “How Were the Online Classes in Undergraduate Medical Teaching during COVID Pandemic ? Students ’ Views of a Non-Government Medical College in Bangladesh Introduction :” Bangladesh Journal of Medical Education, no. 02 (2020).

Lestari, Karunia Eka, and Mokhamad Ridwan Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama, 2017.

Moghavvemi, Sedigheh, Ainin Sulaiman, and Noor Ismawati Jaafar. “The International Journal of Management Education Social Media as a Complementary Learning Tool for Teaching and Learning : The Case of Youtube A The International Journal of Social Media as a Complementary Learning Tool for Teaching and Learning : The Ca.” The International Journal of Management Education 16, no. 1 (2018).

Nata, Abudin. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Nugroho, R Arifin. HOTS Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, Dan Soal-Soal. Edited by Tri Yuli Kurniawati. Jakarta: PT Gramedia, 2018.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 21 Tahun 2020, 2020.

Salehudin, Mohammad. “Dampak COVID-19: Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal MUDARRISUNA 10, no. 1 (2020).

Setiawati, Gusti Ayu Dewi, and Ni Wayan Ekayanti. “Potret Pembelajaran Menggunakan Whatsapp , Google Classroom , Dan Youtube Di Masa Pandemi COVID-19.” In Percepatan Penanganan COVID-19 Berbasis Adat Di Indonesia, 225–30. Proseding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpansar, 2020.

Sofyani Wigati, Dwi Sri Rahmawati Sri, Adi Widodo. “Pengembangan Youtube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara Untuk Materi Integral Di Sma.” Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2019.

Suwarno, Muji. “Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika.” Pi: Mathematics Education Journal 1, no. 1 (2017).

Yunus, Nur Rohim, and Annisa Rezki. “Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7, no. 3 (2020).




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v5i1.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.