URGENSI PSIKOLOGI DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN DASAR ISLAM

Siti Aqlima, Wardiana Wardiana, Nurbayani Nurbayani

Abstract


Urgensitas psikologi pendidikan Islam sangat penting dalam orientasi pendidikan Islam di Indonesia. Psikologi Pendidikan Islam sangat berkepentingan menjaga asas dan fondasi pendidikan Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini mencoba membuka jalan terang pendidikan Islam di Indonesia terkait urgensitas psikologi dan aktualisasinya dalam pendidikan Islam. Kajian ini sangat relevan menggunakan studi kepustakaan dengan mengandalkan bibliografi dari varian publikasi ilmiah seperti buku, artikel ilmiah internasional dan literatur lainnya. Adapun hasil penelitian ini  bahwa urgensi psikologi dalam pendidikan Islam secara umum dijadikan sebagai acuan adalah psikologi yang berwawasan pada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Dimana akhirnya menghasilkan output yang berorientasi berkeTuhanan, insan kamil bahagia di dunia dan akhirat. Sementara fondasi psikologi meliputi  psikologi perkembangan, psikologi belajar dan psikologi sosial. Psikologi dalam perspektif pendidikan Islam juga  mengupayakan guru sebagai pendidik harus mampu merencanakan dan melaksanakan pendidikan sesuai dengan tahap perkembangan psikologi anak sehingga kemampuan dan potensi anak dapat berkembang seutuhnya. Urgensitas psikologi dalam pendidikan Islam secara spesifik harus melihat kondisi psikologis individu.Dalam hal ini siswa khususnya harus mencapai pembelajaran dan totalitas dalam menerapkan kurikulum yang ada.Urgensitas psikologi pendidikan Islam sangat penting dalam orientasi pendidikan Islam di Indonesia. Psikologi Pendidikan Islam sangat berkepentingan menjaga asas dan fondasi pendidikan Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini mencoba membuka jalan terang pendidikan Islam di Indonesia terkait urgensitas psikologi dan aktualisasinya dalam pendidikan Islam. Kajian ini sangat relevan menggunakan studi kepustakaan dengan mengandalkan bibliografi dari varian publikasi ilmiah seperti buku, artikel ilmiah internasional dan literatur lainnya. Adapun hasil penelitian ini  bahwa urgensi psikologi dalam pendidikan Islam secara umum dijadikan sebagai acuan adalah psikologi yang berwawasan pada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Dimana akhirnya menghasilkan output yang berorientasi berkeTuhanan, insan kamil bahagia di dunia dan akhirat. Sementara fondasi psikologi meliputi  psikologi perkembangan, psikologi belajar dan psikologi sosial. Psikologi dalam perspektif pendidikan Islam juga  mengupayakan guru sebagai pendidik harus mampu merencanakan dan melaksanakan pendidikan sesuai dengan tahap perkembangan psikologi anak sehingga kemampuan dan potensi anak dapat berkembang seutuhnya. Urgensitas psikologi dalam pendidikan Islam secara spesifik harus melihat kondisi psikologis individu.Dalam hal ini siswa khususnya harus mencapai pembelajaran dan totalitas dalam menerapkan kurikulum yang ada.

Keywords


Psikologi, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Afandi, Rifki. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar.” Pedagogia: Jurnal Pendidikan 1, No. 1 (2011).

Asrianti, Isnaeni Binti Baas, Elihami, Yusfika. “Universitas Muhammadiyah Enrekang.” Edupsycous Journal 3 (2021).

Aydan, Turkish Context. “On The Absence Of A Presence / The Presence Of An Absence.” Theory & Psychology Copyright 18, No. 2 (2008).

Azkia, Nura, And Nur Rohman. “Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sd/Mi.” Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar 4, No. 1 (June 30, 2020).

Faisal, Sanapiah. “Metodologi Penelitian Pendidikan.” Surabaya: Usaha Nasiona, 1982.

Fayek, Ahmed. “Islam And Its Effect On My Practice Of Psychoanalysis.” Psychoanalytic Psychology 21, No. 3 (2004).

Iskandar, Wahyu. “Kemampuan Guru Dalam Berkomunikasi Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sdit Ummi Darussalam Bandar Setia.” Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar 3, No. 2 (2019).

Islam, Muhammad Hifdil. “Thorndike Theory And It ’ S Application In Learning.” Psychology In International Perspective, 1992, 1–11.

Jannah, Fathul. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional” 13, No. 2 (2013).

Lubis, Ali Musa, And Emmi Kholilah Harahap. “Layanan Konseling Islam Dalam Membentuk Relegiusitas Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.” Al-Ashlah 2, No. 2 (2018).

Luddin, Abu Bakar M. Kelompok Individual Dan Kelompok Aplikasi Dalam Praktik Konseling. Pertama. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.

Machali, Wahyu Iskandar Dan Imam. “Persepsi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Kinerja Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kota Yogyakarta.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 6, No. 2 (2020).

Mubarak. “Urgensi Psikologi Islam Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Studia Insania 5, No. 2 (2017).

Nasir, Muhammad. “Educational Values Of The Dream And Reality Psychoanalysis In ‘ Sang Pemimpi ’ ( The Dreamer ), A Novel By Andrea Hirata.” Al-Ta Lim Journa 22, No. 1 (2015).

Nurjan, Syarifan. “Jamuro Religious Factors : Perspective Of Islamic.” Ijiep: International Journal Of Islamic Educational Psychology 1, No. 1 (2020).

Öğrenme, Kuantum, Yaklaşımının İlköğretim, Sınıf Öğrencilerinin, Fen Başarısı, And Tutumlarına Etkisinin İncelenmesi. “An Investigation The Effect Of Quantum Learning Approach On Primary School 7th Grade Students ’ Science Achievement , Retention And Attitude” 5, No. 2 (2014).

Prastowo, Andi. “Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik Sd / Mi Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu.” 2 Jpsd: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, No. 1 (2018).

Reflianto, Aprianus, Yakobus Bustami, And Didin Syafruddin. “Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Belajar Siswa Biologi” 7260, No. 1 (2019).

Ridwan, Muhammad. “Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1, No. 1 (2018).

Rizqia, Maulida, Wahyu Iskandar, Nurzakiah Simangunsong, And Suyadi Suyadi. “Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar Sd.” Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education 2, No. 2 (2019).

Shihab, Quraish. Membumikan Al-Qur’an Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 1994.

Suud, Fitriah M. “Islamic Education In Developing Students ’ Characters At As-Shofa Islamic High School ,.” Ijiep: International Journal Of Islamic Educational Psychology 1, No. 1 (2020).

Syarif, Adnan, And Haidar Idris. “Pandangan Mufassir Tentang Konsep Belajar Mengajar.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 11, No. 2 (2018).

Wijaya, Firad. “‘Konseling Individual Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa’ Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Yogyakarta.” Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 6, No. 2 (2017).

Young, Kimberly S. “Cognitive Behavior Therapy With Internet Addicts: Treatment Outcomes And Implications.” Cyberpsychology And Behavior 10, No. 5 (2007).

Zulfatun, Siti, And Zainal Arifin. “Implementasi Pengembangan Kurikulum Di Smp Muhammadiyah Boarding School ( Mbs ) Yogyakarta,” No. 3 (2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.