KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU

Rafiq Mubarak, Achadi Budi Santosa

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam upaya peningkatan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dengan metode kualitatif dan subyek penelitian yaitu kepala sekolah madrasah dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles & Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1). Pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui peningkatan profesional guru dengan mengikuti seminar, workshop dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) (2). Kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam menciptakan iklim budaya sekolah yang kondusif sehingga memberikan semangat guru dalam mengajar siswa sehingga dapat meningkatkan karakter, moral dan akhlak peserta didik.

Keywords


Kepemimpinan, Kepala sekolah, Madrasah, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, Indri. “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar.”dalam Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan , Vol. 4, No. 2, Desember 2017.

Arifin, Imron. “Kompetensi Kepribadian Kepala sekolah madrasah Berbasis Moral Spiritual Dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter.” Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM, 2015.

Aimang, Hasrat. “Kepemimpinan Kepala sekolah madrasah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kilongan Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai,” 2018.

Baharudin, Hasan. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah.” dalam Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, Vol. 6, No. 1, Desember 2017.

Emmanouil, Konsolas. “The Impact of Leadership on Teachers’ Effectiveness.” dalam International Journal of Humanities and Social Science , Vol. 4, No.1, Juni 2014.

Fauzi, Ahmad. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam” dalam Jurnal Nidhomul Haq: Jurnal Managemen Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2, Agustus 2018.

Haryani, Euis. “Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala sekolah madrasah Terhadap Manajemen Pembelajaran Untuk Mewujudkan Kinerja Guru.” dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 1, No. 1, Juni 2017.

Iskandar, Uray. “Kepemimpinan Kepala sekolah madrasah Dalam Peningkatan Kinerja Guru.”dalam Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Vol. 10, No. 1, Juni 2013.

Lumban.G, Nasib Tua, and Peningkat Siburian. “Peran Kepemimpinan Kepala sekolah madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” dalam Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan , Vol. 5, No. 1, Juni 2018.

M. Nur Hasan. “Influence of Work Motivation , Leadership and Organizational Culture Principal of the Teacher Performance in Vocational School (SMK) Muhammadiyah, Rembang City , Central Java Province , Indonesia.”dalam Europian Journal of Business and Management , Vol. 9, No. 2, Desember 2017.

Miles, Matthew B, and A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis. CEUR Workshop Proceedings.

Murniasih, Sri. “Kepemimpinan Kepala sekolah madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Empirik SMK Muhammadiyah 3 Surakarta".

Musbikin, Imam. Menjadi Kepala sekolah madrasah Yang Hebat. (Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2013.)

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60.” Tahun 2015.

Permendiknas Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.”

Ruhiyat, Muhamad Yayat. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Supervisi Pengawas Madrasah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan Di Madrasah.”dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 11, No.1, Desember 2017.

Sa’ud Syaefudin, Udin. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sodiah, Sodiah, and Euis Nurhikmah. “Etika Kerja Kepala sekolah madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.”dalam TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 2, Desember 2017.

Susanto, Ahmad. Konsep, Strategi, Dam Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenademedia Group, 2016.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v3i1.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.