INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER (PILAR KEMANDIRIAN) DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI MI


Abstract


Pendidikan karakter perlu mewarnai setiap jenjang pendidikan sejak dari
pendidikan pra sekolah sampai Perguruan Tinggi bahkan pada lingkungan tempat
individu melakukan interaksi dan komunikasi, karena lingkungan akan banyak
mempengaruhi kepribadian seseorang, bahkan teori transformasi mengatakan
bahwa lingkunganlah yang lebih membentuk kepribadian seseorang dibandingkan
dengan genetik (keturunan). Metode pada kajian ini adalah kajian literatur yang
membahasa tentang pentingnya Integrasi Pendidikan karakter dalam bimbingan
konseling. Sehingga pelaksaan bimbingan dan konseling di sekolah sebenarnya
dapat dilakukan dalam beberapa bentuk, bukan saja dilakukan dalam ruangan
tersendiri dengan perlakuan yang formal tapi seorang konselor/guru/guru kelas
perlu mengetahui kepribadian dan psikologi anak yang sedang membutuhkan
bantuan. Bisa jadi membutuhkan pelayanan sendiri dan bisa juga perlu orang lain
atau kelompok untuk menyelesaikannya.

Keywords


Pendidikan Karakter, Bimbingan Konseling

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.