PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Fajar Dwi Mukti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar melalui pendekatan kontekstual di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kreativitas siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan sikap siswa saat mengikuti pembelajaran dalam setiap siklus. Pada siklus I dengan persentase 66.5 % termasuk kriteria cukup. Pada siklus II diperoleh persentase 84.5 % dengan kriteria kreativitas baik. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan  belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 65.2 dan ketuntasan belajar 60%, kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 82 dan ketuntasan belajar 90%. kontekstual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar melalui pendekatan kontekstual  di kelas V sekolah dasar.


Keywords


Kreativitas, Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v2i2.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


INDEXING SITES

               

Contact Person:
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta 
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.