PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Suratun Suratun

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan kontekstual di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar pada setiap siklus Hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan  belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 71.2 dan ketuntasan belajar 60%, kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 85.6 dan ketuntasan belajar 90%.


Keywords


Hasil belajar, Matematika, Pendekatan Kontekstual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





INDEXING SITES

               

Contact Person:
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta 
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.