BEHAVIORISM THEORY ANALYSIS (THORNDIKE) IN MATHEMATICS AND INDONESIAN LANGUAGE SDN UPT XVII MUKTI JAYA ACEH SINGKIL

nur rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Bagaimana penerapan teori pembelajaran Thorndike dalam pembelajaran (2) teori pembelajaran Thorndike pada pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia di SDN UPT XVII Mukti Jaya Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam bentuknya penelitian ini  untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, kepercayaan, dan pemikiran seseorang secara individual maupun kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan teknik pengumplan data digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini bahwa teori Thorndike merupakan salah satu bagian dari teori behaviorisme yang dikembangkan oleh Edward Lee Thorndike di williamsburg. Dalam penjabaran teorinya diabagi menjadi beberapa bagian yakni: pertama, pemikiran tahap pertama yang meliputi: hukum kesiapan, hukum latihan, hukum akibat dan hukum sikap. Kedua, pemikiran tahap kedua merupakan bentuk revisi yang dilakukan oleh Thorndike yang berkenaan dengan hukum latihan dan hukum akibat. Berdasarkan analisis data yang ada terlihat bahwa teori pembelajaran Thorndike secara tidak langsung sudah diterapkan oleh guru khususnya pada pelajaran matematika dan bahasa indonesia. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian antara teori pembelajaran Thorndike dengan tahapan-tahapan yang digunakan guru dalam melakukan proses belajaran mengajar di kelas.

Keywords


Teori Pembelajaran Thorndike, Bahasa Indonesia, Matematika

Full Text:

PDF

References


A. Wahab, Jufri. Toha No. 176 Lama Bandung -Jawa Barat 40423 Phone (022) 92724763 -081214044150, Faks, 2021.

Ade, Rahmad Kurniawan. “Manajemen Evaluasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Nurul Iman Sekncau Lampung Barat.” Undergraduate, Uin Raden Intan Lampung, 2021. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/14175/.

Amsari, Dina. “Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Basicedu 2, No. 2 (October 19, 2018): 52–60.

Andriani, Fera. “Teori Belajar Behavioristik Dan Pandangan Islam Tentang Behavioristik.” Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 6, No. 2 (December 30, 2015): 165–80.

Assingkily, Muhammad Shaleh, And Nur Rohman. “Edupreneurship Dalam Pendidikan Dasar Islam.” Jip (Jurnal Ilmiah Pgmi) 5, No. 2 (2019): 111–30. Https://Doi.Org/10.19109/Jip.V5i2.3721.

Dahri, Muhtar, Muhammad Riski, And Arianstah. “Analisis Sikap Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Pancasila Berbasis Kasus Dengan Metode Diskusi.” Ekopendia 3, No. 1 (July 15, 2018): 1–12.

Efendi,S.Pd.I. Konsep Pemikiran Edward L. Thorndike Behavioristik. Guepedia, 2016.

Fatimatuzahroh, Fitri, Lilis Nurteti, And S. Koswara. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, No. 1 (June 11, 2019): 35. Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i1.362.

Feida Noorlaila Isti`Adah. Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Edu Publisher, 2020.

Depdiknas, 2004, Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Smp Dan Mts, Jakarta : Dediknas, T.T.

Hanafy, Muh Sain. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran” 17, No. 1 (N.D.): 14.

Heri Rahyubi, 2012, Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Bandung: Nusa Media 2012

Herman Hudojo, 1979, Pengembangan Kurikulum Matematika Dan Pelaksanaannya Di Depan Kelas, Surabaya : Usaha Nasional

Hermansyah, Hermansyah. “Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sd/Mi.” Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi 7, No. 1 (March 25, 2020): 15–25. Https://Doi.Org/10.36835/Modeling.V7i1.547.

Khaerudin Kurniawan, 2012, Bahasa Indonesia Keilmuan Untuk Perguruan Tinggi, Bandung: Refika Aditama

Kurniawan Heru, 2014, Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif Dan Apresiatif, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Ofiiset

Makki, Ali. “Mengenal Sosok Edward Lee Thorndike Aliran Fungsionalisme Dalam Teori Belajar.” Jurnal Studi Islam: Pancawahana 14, No. 1 (May 11, 2019): 78–91.

Muhibbin Syah, 1995, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Yogyakarta: Remaja Rosdakarya

Mulyani, Endang. “Model Pendidikan Kewirausahaan Di Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 8, No. 1 (2011). Https://Doi.Org/10.21831/Jep.V8i1.705.

Mulyasa, 2003, Kurikulum Berbasis Kompeteni, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Pratama, Yoga Anjas. “Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4, No. 1 (June 2, 2019): 38–49. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2019.Vol4(1).2718.

Puput, Puput, Ikbal Barlian, And Siti Fatimah. “Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Dan Produktif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Indralaya Selatan.” Undergraduate, Sriwijaya University, 2018. Https://Repository.Unsri.Ac.Id/11975/.

Rouf, Abdul. “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dan Layanan Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab.” Masters, Stain Kudus, 2017. Https://Doi.Org/10/9.%20daftar%20pustaka.Pdf.

Saifudin, Saifudin. “Perspektif Islam Tentang Teori Koneksionisme Dalam Pembelajaran.” Profetika: Jurnal Studi Islam 22, No. 2 (December 16, 2021): 314–30. Https://Doi.Org/10.23917/Profetika.V22i2.16696.

Shahbana, Elvia Baby, Fiqh Kautsar Farizqi, And Rachmat Satria. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, No. 1 (March 26, 2020): 24–33. Https://Doi.Org/10.37755/Jsap.V9i1.249.

The Liang Gie, 1993, Filsafat Matematika Bagian Kedua, Yogyakarta : Yayasan Studi Ilmu Dan Teknologi

Undang-Undang. “Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” N.D.

Yuningsih, Aryani. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik (Thorndike) Melalui Teknik Drill And Practice Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Bidang Studi Bahasa Indonesia Dalam Materi Mengarang Siswa Kelas V Sdn 023 Sedinginan Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2011. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/1725/.

Zabidin, Muhammad Ali, And Indrya Mulyaningsih. “Teori Koneksionisme Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua Anak Usia Dini.” Indonesian Language Education And Literature 1, No. 2 (July 4, 2016): 207. Https://Doi.Org/10.24235/Ileal.V1i2.599.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.