HYBRID LEARNING: MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SDIT LUQMAN AL HAKIM SLEMAN

Wildan Nuril Ahmad Fauzi, Yuli Setiawati

Abstract


 

Hybrid   learning  adalah   pembelajaran   yang   memadukan   antara   kegiatan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis teknologi computer dan   internet.  Hybrid learning  memfasilitasi   siswa mendapatkan   bahan-bahan   untuk   kegiatan   pembelajaran   melalui   internet. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penerapan hybrid learning di SDIT Luqman Al Hakim Sleman: Pertama, mempersiapkan kurikulum. Kedua, setiap pararel mulai dari kelas satu sampai enam telah dibuatkan jadwal untuk melaksanakan pembelajaran Tatap Muka di sekolah. Ketiga,  social  distanding  seperti  mengatur  jarak  tempat duduk peserta didik minimal 1 meter. Keempat, selalu memakai masker dan atau faceshield. Kelima,  pembelajaran  ini  hanya  dilaksanakan  di  dalam ruangan. Keenam, siswa satu  dengan siswa lainnya  tidak  boleh  saling  bersentuhan.  Ketujuh, Sekolah  memberikan tempat untuk mencuci tangan beserta sabunnya dengan air  yang mengalir di setiap penjuru ruang dan dalam jumlah  yang  cukup.  Kedelapan,  seluruh  orang  di  lingkungan  sekolah  tanpa  terkecuali  harus  dalam  keadaan sehat,. Kelebihan dari sistem metode hybrid learning ini proses interaksi antara guru dan siswa yang hadir dalam proses belajar mengajar kembali dapat diterapkan. Kelemahan yang paling signifikan terlihat adalah masalah penyediaan perangkat pendukung hybrid learning yang harganya masih tergolong besar.


Keywords


Hybrid Learning, Pembelajaran Tatap Muka

Full Text:

PDF

References


“Paparan Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020.

“Protokol Percepatan Penanganan Covid-19 (Corona Virus Disease-2019)”, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, 2020.

Ahmad Fauzi, Wildan Nuril dan Munastiwi, Erni. (2020). “Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Luqman AL-Hakim Sleman”. El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 14, No. 2. 171-186.

Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineke Cipta.

Dwiyogo, Wasis D., 2018. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Press

Dwiyogo, Wasis D., 2020. Pembelajaran Di Masa Covid-19, Work From Home. Malang: Wineka Media.

Galus, S. A. Arifin & Sulkifly. 2021. “Kesiapan sekolah dalam pengelolaan model pembelajaran hybrid learning di SMA kota Gorontalo”. Student Journal of Educational Management, 1(1) 2021. 41-56.

Husamah. 2014. Pembelajaran bauran (blended learning). Prestasi Pustakarya.

Linarwati, M,. Fathoni, A,. & Minarsih. M. M,. 2016. “Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus”. Journal of Management, 2(2), 1.

Rahmat. P. S. 2019. “Penelitian Kualitatif. Equilibrium”, 5(9). https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz

Setyo. D,. “Model-model pembelajaran hybrid (seri 3 hybrid learning)”. Tersedia pada http://dedysetyo.net/2021/01/02/model-model-pembelajaran-hybrid-seri-3-hybrid-learning/. Diakses tanggal 29 November 2021.

Singh. H. 2003. “Building effective blended learning programs”. Issues of Educational Technology, 43(6), 51-54.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widana, I. W., & Septiari. L. K. 2021. Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project- Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.