PENERAPAN METODE AR-RABITH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR’AN DI MIT IBNU MAS’UD YOGYAKARTA

Nusyaibah Nusyaibah, Fuad Arif Noor

Abstract


 

Dalam proses pembelajaran Al-Qur’an membutuhkan sebuah metode yang diharapkan nantinya akan mempermudah dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di MIT Ibnu Mas’ud Yogyakarta menggunakan metode Ar-Rabith yang memudahkan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Ke khasan metode Ar-Rabith dalam pembelajaran Al-Qur’an menjadi keunggulan dan nilai tersendiri di Madrasah Ibtidaiyah karena masih jarang sekolah yang menerapkan metode Tahfizh Al-Qur’an. Permasalahan dalam Penelitian ini: (1) bagaimana penerapan metode Ar-Rabith dilaksanakan di MIT Ibnu Mas’ud Yogyakarta (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an (3) bagaimana hasil penerapan metode Ar-Rabith dalam pembelajaran Al-Qur’an. Sedangkan tujuannya untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan, proses dan faktor penghambat serta pendukung dalam penerapan pembelajaran Tahfizh menggunakan metode Ar-Rabith di MIT Ibnu Mas’ud Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Metode Ar-Rabith adalah metode mengikat hafalan yang diharapkan dapat terus membantu siswa dalam menghafal hafalan yang baru dengan yang lama. Faktor pendukungnya adalah motivasi, Lingkungan yang mendukung, Guru yang berkompeten dan Kerja sama antara sekolah dan orang tua.  Faktor penghambatnya ada kemampuan siswa dibawah standar, rasa malas pada diri siswa dan tidak semua orang tua bisa menjadi motivator yang baik. Hasilnya adalah metode Ar-Rabith berhasil diterapkan menurut hasil dari wawancara peneliti dengan guru maupun siswa.


Keywords


Metode Ar-Rabith, Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Medika, Yusron. (2017). “Sejarah Turunnya Al-Qur’an Penuh Fenomenal”, Jurnal Medina-TE, Vol.16, No.1.

Taqiuddin, Ahmad. (2019). Mushaf Hafalan Ustmani Madinah. Bekasi: Maana Publishing.

Madaniy, A. Malik., dan Muhammad Chirzin. (2012). Rahasia Al-Qur’an. Yogyakarta: Darul Hikmah.

Ammar, Abu., dan Abu Fatiah Al-Adnani. (2015), Negeri-Negeri Penghafal Al-Qur’an. Sukoharjo: Al Wafi.

Jaaze, Ahmad. (2018). Metode Menghafal Al-Qur’an Cepat. Bandung: Cipta Cekas Grafika.

Tim Penyusun. (2020). Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: STPI Bina Insan Mulia.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kualittaif. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.