PENGARUH MEDIA VLOG DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN

Istikomah Istikomah, Umi Faizah

Abstract


 

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami penurunan nilai dimana 70% peserta didik tidak tuntas KKM. Sejak Pandemi covid 19 pembelajaran berlangsung secara daring. Pembelajaran daring yang tidak efektif membuat hasil belajar turun. Salah satu sebabnya tidak menariknya proses pembelajaran IPA secara daring. Maka dibutuhkan solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan media Vlog. Media Vlog berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi Hubungan Gaya dan Gerak pada peserta didik SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo hal ini didapatkan dari hasil pos-test kelas kontrol sebesar 60,2 dan pada hasil post-test kelas eksperimen sebesar 71,1. Dari data tersebut terdapat selisih hasil belajar dalam bentuk rerata sebesar 10,9. Keefektifan media Vlog pembelajaran IPA melalui hasil perhitungan dari uji independent sampel t-test post test terdapat nilai sig (2-tailed) sebesar 0,008 dengan rerata asumsi sebesar 109.35714. terbukti efektif secara signifikan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi Hubungan Gaya dan Gerak kelas IV SDIT Salsabila Pandowoharjo Sleman.


Keywords


Media Vlog, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adittia, A, Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD, Mimbar Sekolah Dasar, 4(1) (2017).

Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM ( Yogyakarta: Pustaka Belajar,2009)

Agus Suprijono, Coperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM,Yongyakarta: Pustaka Belajar,2015

Aqil, M. R., & Fahri, M. (2018). Vlogging as a Medium for Eighth Graders of SMP Negeri 1 Gresik. (Journal Retain, Vol. 6 No 2)

Arif S. Sadiaman, Seri Pusat Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, (Jakarta : Cv Rajawali, 1986)

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran,(Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013)

Depdiknas. Undang-undang RI Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

(Jakarta, Depdiknas: 2003).

Dwi Sulisworo, dkk. Inovasi Pembelajaran Era Covid-19 (Yogyakarta, CV. Markumi: 2020

Dwi Sulisworo, dkk. Tantangan Pembelajaran Online Era Covid-19 (Yogyakarta: CV. Markumi: 2020)

Eko Putro Widoyoko, Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)

Eribka Ruthellia David , dkk. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. (E-journal “Acta Diurna” Volume Vol. 6 No.

Tahun 2017)

Ervina Purnamasari, Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI,(Karanganyar: Pustaka Persada CV,2018)

Gao, W. E. N., Tian, Y., & Huang, T. (2010). Vlogging : A Survey of Videoblogging Technology on the Web. 42(4). https://doi.org/10.1145/1749603.1749606

Hariningsih. Tekonologi Informasi (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005) Buku Modul Kesetaraan Program Paket B Setara SMP Dirjen PLSP.

Haryoko, S, Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran, Jurnal Edukasi Elektro, 5(1) (2009)

Iskandar, Srini M. Pendidikan Ilmu Pengethuan Alam. Depdikbud. Jakarta,1996

Kamaru, Win.2016. “Pengertian Vlog dan Manfaatnya Bagi Youtuber”. Di unduh pada tanggal 6 Mei 2021dari http://www.matahaya.com/2016/04/pengertian-vlog-dan- manfaatnya-bagi.html.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus Versi Online/daring (alam jaringan) (https://kbbi.web.id/hasilbelajar) ,accesed on November 01, 2020)

Luv Devi Harliandry. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.22/No.1/2020)

Maldin, S. A., Reza, S., & Rezek (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009)i, I. (2018). Stepping Up the English Speaking Proficiency of Hospitality Students through Video Blogs ( Vlogs ). International Conference on Languages and Arts (ICLA 2017), 148(Icla 2017), 58–63 https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/icla-

2018.11

Marshall C & Rosman G.B. Desagning Qualitative Research (CA: Sage Thausand Oak, 2006)

Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2010

Musfiqon. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. (Jakarta: Prestasi Pustaka.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Dan Belajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya,2011)

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar,

Punaji Setyosari. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas (Jurnal Jinotep, Vol.1/No.1/2014)

Raby, R., Caron, C., Théwissen-LeBlanc, S., Prioletta, J., & Mitchell, C. (2018). Vlogging on YouTube: the online, political engagement of young Canadians advocating for socialchange. Journal of Youth Studies, 21(4), 497 514.https://doi.org/10.1080/13676261.2017.1394995

Ria Yunita Amalliah. Media Vlog sebagai strategi komunikasi dalam metode poembelajaran kalangan siswa dalam menghadapi pandemic vovid-19. (Jurnal Akrab Juara, Volume 5 Nomor 3 Edisi Agustus 2020)




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.