EDUCATIONAL INTERACTIONS IN LEARNING THE YANBUA METHOD AT THE MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADI-IEN KAYUHAN KULON

arina mustafidah

Abstract


Pendidikan dapat terselenggara dengan baik jika seluruh proses dan aktivitas pembelajaran terdapat peranan guru dan anak didik yang disebut interaksi edukatif. Seperti di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi-ien (Madin HM) Kayuhan Kulon, interaksi antara guru dan anak didik juga terjadi. Bahkan peranan guru sangat menentukan atas kualitas bacaan siswa, karena Madin HM Kayuhan Kulon memberlakukan metode Yanbu’a dalam memfasilitasi kebutuhan anak didik dalam baca tulis Al Quran. Pentingnya hubungan interaksi turut menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran metode Yanbu’a ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui interaksi edukatif yang terdapat dalam pembelajaran Yanbu’a.

   Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian diambil di Madin HM Kayuhan Kulon, meliputi guru, kepala Madin, dan santri yang mayoritas merupakan siswa usia sekolah dasar. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada prosedur Milles dan Huberman, yakni secara berturut-turut meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Yanbu’a yang di terapkan di Madin HM Kayuhan Kulon sesuai dengan ciri-ciri interaksi edukatif. Metode Yanbu’a di Madin HM Kayuhan Kulon sudah sesuai dengan ciri-ciri interaksi edukatif. Yaitu 1) memiliki tujuan di setiap materi; 2) ada prosedur pembelajaran untuk mencapai tujuan; 3) adanya materi khusus yang telah tersedia di buku Yanbu’a; 4) adanya aktifitas anak didik; 5) adanya bimbingan guru; 6) menerapkan kedisiplinan dalam hal membaca dan menulis sesuai materi Yanbu’a; 7) terdapat pembatasan waktu belajar; serta 8) adanya evaluasi dari guru.


Keywords


Interaksi edukatif, Yanbu’a, Madrasah Diniyah

Full Text:

PDF

References


Anhar, Harizal. “INTERAKSI EDUKATIF MENURUT PEMIKIRAN AL-GHAZALI.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 13, no. 1 (August 1, 2013): 28–41.

Ardayani, Lili. “PROSES PEMBELAJARAN DALAM INTERAKSI EDUKATIF.” ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 8, no. 2 (December 13, 2017): 187–200.

Arwani, Ulin Nuha, Ulil Albab Arwani, and M. Manshur Maskan. Thoriqoh Baca Tulis Dan Menghafal Al Qur’an: Yanbu’a. Kudus: Yayaysan Arwaniyyah Kudus, 2021.

Choliyah, Siti Ayamil, and Muhammad Mas’ud. “Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Yanbu’a.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 7, no. 2 (December 31, 2015): 147–172.

Damsar. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.

Djamarah, Saiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka cipta, 2000.

Fitriyah, Mamluatul. “INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 3, no. 1 (May 21, 2020). Accessed December 1, 2021. http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/ilmi/article/view/555.

Hasibullah, Muhamad Umar, and Izzah Ifkarina. “Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Takhassus Tahfidhul Qur’an Yasinat Kesilir Wuluhan Kabupaten Jember Tahun 2017.” Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan 12, no. 1 (April 14, 2020): 126–144.

Helaluddin, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019.

Inah, Ety Nur. “PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8, no. 2 (July 1, 2015): 150–167.

Jaenudin, Enjang. “Kreativitas Guru Tahfidz Dalam Mengajarkan Al-Quran Pada Siswa Penderita Tuna Wicara.” Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (March 17, 2020): https://doi.org/10.36840/ulya.v5i1.243 II hlm: 40-51.

Karsidi, Ravik. Sosiologi Pendidikan. Surakarta: UNS Press, 2008. Accessed November 30, 2021. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/2157/Sosiologi-Pendidikan.

Mamlu’ah, Aya, and Devy Eka Diantika. “Metode Yanbu’a Dalam Penanaman Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Santri TPQ At-Tauhid Tuban.” Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (August 30, 2018): 110–119.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Palufi, Ayi Nutfi, and Ahmad Syahid. “Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an.” Attractive : Innovative Education Journal 2, no. 1 (April 22, 2020): 32.

Priyatno, Agus. Transformasi Manajemen Pesantren Penghafal Al-Qur’an di Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus. Penerbit A-Empat, 2020.

Rahmawati, Rina Dian, and Aisyah. “PENERAPAN METODE YANBU’A PADA PROGRAM TAHFIDZ AL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HASBULLAH TAMBAK BERAS JOMBANG.” JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 9, no. 4 (November 5, 2021): 439–442.

Ramli, M. “HAKIKAT PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (January 1, 2015). Accessed December 1, 2021. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825.

Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagodik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Kencana, 2016.

Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.