ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN VIRTUAL SEBAGAI TINDAKAN PENCEGAHAN COVID-19 DI PERGUTUAN TINGGI

Eri Susanto

Abstract


 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak pembelajaran virtual sebagai tindakan pencegahan COVID-19 di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan dasar metode kualitatif dengan studi pustaka dari beberapa sumber, baik cetak maupun elektronik, serta jurnal ilmiah yang terakreditasi. Kriteria artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel yang menggambarkan pembelajaran virtual pada mahasiswa dan memiliki bagian yang lengkap. Mekanisme pencarian menggunakan database Google Scholar dengan menggunakan kata kunci “dampak COVID-19 pada perguruan tinggi” dan “pembelajaran virtual”. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik dokumentasi, yang dapat berupa risalah, surat kabar, esai, karya ilmiah, literatur atau artikel jurnal. Uji validitas yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber data. Analisis studi pustaka dengan 4 tahapan yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menampilkan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) pembelajaran berbasis virtual diyakini menjadi salah satu kunci bagi perguruan tinggi untuk bangkit dari krisis pandemi yang berkepanjangan, (2) pembelajaran virtual berbasis Model Pembelajaran Online (OLM) dapat meningkatkan daya serap materi mahasiswa terhadap materi kuliah dengan peningkatan persentase mencapai lebih dari 81% dibandingkan hanya menggunakan model pembelajaran tatap muka, (3) pembelajaran virtual juga memiliki kekurangan, pertama, keterbatasan penguasaan teknologi oleh pendidik dan peserta; kedua, sarana dan prasarana yang belum memadai; ketiga, akses internet yang terbatas dan tidak merata; keempat, penyediaan anggaran yang tidak memadai; Kelima, jika dilihat dari sisi mahasiswa, kegiatan perkuliahan berbasis online ini akan membebani pengeluaran kuota mahasiswa dan pada akhirnya terdapat kerugian peserta didik dalam proses penilaian.


Keywords


Pembelajaran Virtual; COVID-19

Full Text:

PDF

References


Alteza, Muniya. “Penerapan Model Pembelajaran Virtual Di Perguruan Tinggi.” In Seminar Nasional : Identifikasi Mutu Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas & Ketahanan Bangsa, 7. Semarang: Pusat Studi Etika Lembaga Penelitian Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, 2005.

Aminah, Siti. “The Existence Of Morality And Religion About Education In Covid 19 Era.” Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 10, no. 7 (2020): 8.

Argaheni, Niken Bayu. “Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia.” Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya 8, no. 2 (August 30, 2020): 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008.

Budi, Eko Nur. “Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus Tahun 2017.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 27, no. 2 (2017): 14.

Fajar, Nur Alam. “Efektivitas Penggunaan Virtual Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Makassar.” Thesis, Universitas Negeri Makasar, 2018.

Fuadi, Tuti Marjan, Riki Musriandi, and Linda Suryani. “Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 4, no. 2 (2020): 8.

Heryanto, Toto, and Atik Rochaeni. “Dampak Covid-19 Pada Perguruan Tinggi di Indonesia.” ResearchGate, 2020.

Kuntarto, Eko. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.” Journal Indonesian Language Education and Literature 3, no. 1 (2017): 12. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820.

Nuryatin, Sri. “Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning untuk Menghadapi Era New Normal.” osf.io, 2020, 8. https://doi.org/10.31219/osf.io/nd72p.

Oktaviani, Hesti, Uun Fitriana Rachmah, Nadiah Qanita Rahma, and Sayidin Sayidin. “The Model of Virtual Learning Approach at Mi Ma’arif Nu Limbangan.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 15, no. 1 (May 19, 2020): 99. https://doi.org/10.21043/edukasia.v15i1.6787.

Prassida, Grandys Frieska, and Ahmad Muklason. “Virtual Class Sebagai Strategi Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi.” Teknologi 1, no. 2 (May 7, 2012). https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.55.

Safuan, Akhmad. “Belajar Tatap Muka Ditunda.” Media Indonesia. January 4, 2021. https://mediaindonesia.com/nusantara/373725/belajar-tatap-muka-ditunda.

Said, Hamdanah. “Pengembangan Model Pembelajaran Virtual Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Madrasah Negeri di Kota Parepare.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 17, no. 1 (June 21, 2014): 18–33. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a2.

Satgas Covid-19. “Situasi Virus Covid-19 di Indonesia,” 2021. https://covid19.go.id/peta-sebaran.

Susanto, Eri, and Aisyah Putri Deapalupi. “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Study From Home (SFH) di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual 4, no. 4 (2020): 7.

Syah, Rizqon H. “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7, no. 5 (April 14, 2020). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Windhiyana, Ericha. “Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 1 (April 29, 2020): 1–8. https://doi.org/10.21009/PIP.341.1.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.