ANALYSIS OF THE IMPACT OF VIRTUAL LEARNING AS A MEASURES TO PREVENT COVID-19 IN UNIVERSITIES

Eri Susanto

Abstract


 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak pembelajaran virtual sebagai tindakan pencegahan COVID-19 di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan dasar metode kualitatif dengan studi pustaka dari beberapa sumber, baik cetak maupun elektronik, serta jurnal ilmiah yang terakreditasi. Kriteria artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel yang menggambarkan pembelajaran virtual pada mahasiswa dan memiliki bagian yang lengkap. Mekanisme pencarian menggunakan database Google Scholar dengan menggunakan kata kunci “dampak COVID-19 pada perguruan tinggi” dan “pembelajaran virtual”. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik dokumentasi, yang dapat berupa risalah, surat kabar, esai, karya ilmiah, literatur atau artikel jurnal. Uji validitas yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber data. Analisis studi pustaka dengan 4 tahapan yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menampilkan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) pembelajaran berbasis virtual diyakini menjadi salah satu kunci bagi perguruan tinggi untuk bangkit dari krisis pandemi yang berkepanjangan, (2) pembelajaran virtual berbasis Model Pembelajaran Online (OLM) dapat meningkatkan daya serap materi mahasiswa terhadap materi kuliah dengan peningkatan persentase mencapai lebih dari 81% dibandingkan hanya menggunakan model pembelajaran tatap muka, (3) pembelajaran virtual juga memiliki kekurangan, pertama, keterbatasan penguasaan teknologi oleh pendidik dan peserta; kedua, sarana dan prasarana yang belum memadai; ketiga, akses internet yang terbatas dan tidak merata; keempat, penyediaan anggaran yang tidak memadai; Kelima, jika dilihat dari sisi mahasiswa, kegiatan perkuliahan berbasis online ini akan membebani pengeluaran kuota mahasiswa dan pada akhirnya terdapat kerugian peserta didik dalam proses penilaian.


This research was conducted to determine the impact of virtual learning as a preventive measure for COVID-19 in higher education. This research uses the basis of qualitative methods with literature studies from several sources, both printed and electronic, as well as accredited scientific journals. The article criteria used in this study are articles that describe virtual learning in college students and have a complete section. The search mechanism is using the Google Scholar database using the keywords "the impact of COVID-19 in higher education" and "virtual learning". The research technique used is the documentation technique, which can be in the form of treatises, newspapers, essays, scientific papers, literature or journal articles. The validity test that the researchers used was a triangulation of data sources. Analysis of the literature review with 4 stages, namely by collecting data, reducing data, displaying data and drawing conclusions. The results of this study are; (1) virtual-based learning is believed to be one of the keys for higher education to emerge from the prolonged pandemic crisis, (2) virtual learning based on the Online Learning Model (OLM) can increase the absorption of student material towards course material with an increase in percentage reaching more than 81 % compared to only using face-to-face learning models, (3) virtual learning also has shortcomings, first, limited mastery of technology by educators and participants; second, inadequate facilities and infrastructure; third, limited and uneven internet access; fourth, inadequate budget provision; Fifth, when viewed from a student's point of view, this online-based lecture activity will burden the student quota expenses and finally, there are learners' losses in the assessment process.


Keywords


Pembelajaran Virtual; COVID-19; Virtual Learning

Full Text:

PDF

References


Alteza, Muniya. “Penerapan Model Pembelajaran Virtual Di Perguruan Tinggi.” In Seminar Nasional : Identifikasi Mutu Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas & Ketahanan Bangsa, 7. Semarang: Pusat Studi Etika Lembaga Penelitian Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, 2005.

Aminah, Siti. “The Existence Of Morality And Religion About Education In Covid 19 Era.” Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 10, no. 7 (2020): 8.

Argaheni, Niken Bayu. “Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia.” Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya 8, no. 2 (August 30, 2020): 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008.

Budi, Eko Nur. “Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus Tahun 2017.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 27, no. 2 (2017): 14.

Fajar, Nur Alam. “Efektivitas Penggunaan Virtual Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Makassar.” Thesis, Universitas Negeri Makasar, 2018.

Fuadi, Tuti Marjan, Riki Musriandi, and Linda Suryani. “Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 4, no. 2 (2020): 8.

Heryanto, Toto, and Atik Rochaeni. “Dampak Covid-19 Pada Perguruan Tinggi di Indonesia.” ResearchGate, 2020.

Kuntarto, Eko. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.” Journal Indonesian Language Education and Literature 3, no. 1 (2017): 12. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820.

Nuryatin, Sri. “Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning untuk Menghadapi Era New Normal.” osf.io, 2020, 8. https://doi.org/10.31219/osf.io/nd72p.

Oktaviani, Hesti, Uun Fitriana Rachmah, Nadiah Qanita Rahma, and Sayidin Sayidin. “The Model of Virtual Learning Approach at Mi Ma’arif Nu Limbangan.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 15, no. 1 (May 19, 2020): 99. https://doi.org/10.21043/edukasia.v15i1.6787.

Prassida, Grandys Frieska, and Ahmad Muklason. “Virtual Class Sebagai Strategi Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi.” Teknologi 1, no. 2 (May 7, 2012). https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.55.

Safuan, Akhmad. “Belajar Tatap Muka Ditunda.” Media Indonesia. January 4, 2021. https://mediaindonesia.com/nusantara/373725/belajar-tatap-muka-ditunda.

Said, Hamdanah. “Pengembangan Model Pembelajaran Virtual Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Madrasah Negeri di Kota Parepare.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 17, no. 1 (June 21, 2014): 18–33. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a2.

Satgas Covid-19. “Situasi Virus Covid-19 di Indonesia,” 2021. https://covid19.go.id/peta-sebaran.

Susanto, Eri, and Aisyah Putri Deapalupi. “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Study From Home (SFH) di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual 4, no. 4 (2020): 7.

Syah, Rizqon H. “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7, no. 5 (April 14, 2020). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Windhiyana, Ericha. “Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 1 (April 29, 2020): 1–8. https://doi.org/10.21009/PIP.341.1.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.