COGNITIVE LEARNING GESTALT THEORY AND IMPLICATIONS ON LEARNING PROCESS IN ELEMENTARY SCHOOL

Andi Setiyawan, Wulan Fitriani, Zubaedah Nasucha, Suci Muzfirah

Abstract


Keberhasilan seorang pendidik dalam melaksanakan pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh faktor penguasaan teori belajar oleh si pendidik. Oleh karenanya seorang pendidik hendaknya perlu mengerti dan memahami serta memiliki pengetahuan tentang teori belajar sehingga kelak dapat mengaplikasikannya ketika pendidik melaksanakan pembelajaran di sekolah. Tujuan disusunnya makalah ini ialah untuk mengenal dan mengetahui apa itu teori belajar kognitif dan konstruktivisme. Setelah mengetahui kedua teori tersebut penulis akan menarik keterkaitan penggunaan teori tersebut dengan pembelajaran yang dilakukan ditingkat sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Dalam penulisan ini, menggunakan metode penelitian kajian kepustakan dari berbagai sumber. Cara pengumpulan data yang dilakukan pada kepenulisan ini dilaksanakan melalui telaah terhadap berbagai buku, literatur, dan laporan berkaitan dengan kedua teori tersebut.

Keywords


Kognitif, Konstruktivisme, Pembelajaran, Teori

Full Text:

PDF

References


Anidar, Jum. “Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif serta Implikasinya dalam Pembelajaran.” Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 3, no. 2 (2017).

Baharuddin, Baharuddin, dan Wahyudin Nur Nasution. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar Ruzz Media, 2011.

Ekawati, Mona. “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif Serta Implikasinya dalam Proses Belajar dan Pembelajaran.” E-Tech: Jurnal Ilimiah Teknologi Pendidikan 7, no. 2 (2019): 1–12.

Lisma. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Teori Belajar Gestalt Pada Siswa Kelas VIII A MTS. Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu, repository.iainpalopo.ac.id § (2015).

Masgumelar, Ndaru Kukuh, dan Pinton Setya Mustafa. “Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran.” GHAITSA : Islamic Education Journal 2, no. 1 (2021): 49–56.

Mona Ekawati. “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif serta Implikasinya dalam Proses Belajar dan Pembelajaran.” E-Tech 07, no. IV (2019): 1–12. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.

Nurfarhanah. “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Gestalt Serta Implikasinya dalam Proses Belajar dan Pembelajaran.” researchgate.net, 2018. https://www.researchgate.net/publication/328981260_Teori_Belajar_Menurut_Aliran_Psikologi_Gestalt_serta_Implikasinya_dalam_Proses_Belajar_dan_Pembelajaran.

Nurhadi. “Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 2, no. 1 (2020).

Rosyid, M. Fairuz. “Teori Belajar Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 9, no. 1 (2020). https://doi.org/10.22373/ls.v9i1.6735.

Rovi Pahliwandari. “Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Olahraga 5, no. 2 (2016).

Safitri, Nila. Aplikasi Teori Gestalt sebagai Pedoman Mengajar dalam Pendidikan MAtematika. Ruang Ketik Mahasiswa: Kumpulan Essay Karya Mahasiswa. Bojong: PT Nasya Expanding Management, 2020.

Sutarto, Sutarto. “Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 1, no. 2 (2017).

Sutatro. “Teori Kognatif 5.” Islamic Counselling 1, no. 02 (2017).

Wisman, Yossita. “Teori Belajar Kognitif dan Implementasi dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang 11, no. 1 (2020). https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v4i2.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.