PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 09 KABA WETAN

Ahmad Abdul Rochim, Siti Bandiah

Abstract


Ketepatan dalam memilih strategi pembelajaran yaitu bagian yang sangat penting dalam upaya meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian rancangan faktorial 2x2. Melalui desain ini akan dibandingkan pengaruh antara strategi pembelajaran Interaktif dan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 09 Kaba Wetan yang berjumlah 76 siswa, terdiri atas 2 kelas. Untuk menentukan kelas sampel maka digunakan teknik pengambilan sampel secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas berjumlah 76 siswa, kelas IVA sebagai kelas Interaktif dan kelas IV-B sebagai kelas berbasis masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial. Dan melakukan uji persyaratan analisis yakni uji normalitas dengan menggunakan Uji Lilifors, sedangkan persyaratan homogenitas menggunakan Uji F dan Uji Barlett. Setelah melakukan pengujian persyaratan analisis, selanjutnya dilakuka pengujian Analilsis varians dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika siswa. Sehingga pemilihan dalam strategi pembelajaran yang sesuai dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam memahami karakteristik siswanya. Dalam startegi pembelajaran yang diterapkan guru dapat mengoptimalkan hasil belajar Matematika siswa dengan memilih strategi kelas yaitu pembelajaran Interaktif dan kelas pembelajaran berbasis masalah.


Keywords


Pengaruh, Strategi, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


David, dkk., Methods for Teaching: Promoting Student Learning in K-12 Classroom, USA: New Jersey, 2009.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Edisi keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Faizal, Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Memperoleh

Pembelajaran Kolaboratif dengan Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Konvensional, Bengkulu: UMB,2010.

Heris dkk, Penelitian Pembelajaran Matematika, Bandung: Refika Aditama, 2014.

Hasan Alwi, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai

Pustaka, 2002.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Mulyono, abdurahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar,

Jakarta: rineka cipta, 2006.

Nana Sudjana, Metode Statistika, Edisi keenam, Bandung: Tarsito, 2000.

Sobri, Belajar dan pembelajaran, Lombok: holistica, 2013.

Sriani, Hardini dkk, Strategi Pembelajaran Terpadu, Yogyakarta:

Familia:2012.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2011.

Suyono, Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran, Bandung : PT Remaja

Rosdakarya, 2011.

W. Sanjaya. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media

Group, 2007.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v3i1.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.