PERAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM DALAM MENCEGAH RADIKALISME

Noven Kusainun

Abstract


Salah satu ciri yang menunjukkan bahwa Islam merupakan rahmatan lil’alamin adalah Islam sangat menghargai perbedaan. Masalah sekaligus ancaman yang dihadapi Indonesia dalam konteks keberagaman adalah munculnya paham radikalisme. Tidak sedikit bahwa sasaran dari gerakan radikalisme adalah pelajar di tingkat pendidikan dasar. Pengaruh yang diberikan misalnya melalui konten-konten di media sosial, gerakan keagamaan yang radikal, serta memprovokasi pelajar agar turut serta menyebarkan paham radikalisme. Siswa-siswi yang berada di tingkat pendidikan dasar adalah individu dalam masa tumbuh kembang yang mudah sekali dipengaruhi oleh lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguraikan tentang peran pendidikan dasar Islam dalam mencegah radikalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran pendidikan dasar Islam dalam mencegah radikalisme adalah dengan menerapkan pendidikan multikultural. Pendidikan multikultural dapat dipahami sebagai konsep maupun konteks dalam penyelenggaraan pendidikan. Tujuannya adalah agar setiap pembelajaran yang dilaksanakan di madrasah bernuansa multikultural, baik itu dalam pembelajaran agama, kegiatan keagamaan, maupun dalam pembelajaran lainnya.


Keywords


Pendidikan Dasar Islam, Radikalisme

Full Text:

PDF

References


Bahruddin, E., Rosyadi, Abdu Rahmat, & Edy, “Persepsi Siswa Madrasah Tsanawiyah Terhadap Pendidikan Multikultural Keagamaan dalam Penanggulangan Radikalisme Secara Dini.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7, No.2, 2018.

Fauziah, Kuni Isna Ariesta, “Pendidikan Multikultural Sebagai Strategi Deradikalisasi.” Media Komunikasi Sosial Keagamaan: Vol. 19, No. 2, 2019.

Hikam, Muhammad A.S., “Pendidikan Multikultural dalam Rangka Memperkuat Kewaspadaan Nasional Menghadapi Ancaman Radikalisme di Indonesia.” Global: Jurnal Politik Internasional: Vol. 17, No. 1, 2015.

Ibrahim, Rustam, “Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Addin: Vol.7, No.1, 2013.

Iyubenu, Edi AH, Berislam dengan Akal Sehat. Yogyakarta: Diva Press, 2020.

Laisa, Emna, “Islam dan Radikalisme”. Islamuna: Vol. 1, No.1, (2014).

Misrawi, Zuhairi. 2010. Al-Qur’an Kitab Toleransi. Semarang: Grasindo, 2010.

Munip, Abdul, “Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1, No.2, 2012.

Suaradewata.com, “Mewaspadai Radikalisme dan Intoleransi di Lembaga Pendidikan”, diakses pada 26 April 2020.

Wahid, M. Abdul, “Fundamentalisme dan Radikalisme Islam (Telaah Kritis tentang Eksistensisnya Masa Kini).” Sulesana: Vol. 2, No.1, 2018.

Widyaningrum, Anastasia Yuni & Dugis, Noveina Silviyani, “Teori Radikalisme dan Identitas Keindonesiaan.” Jurnal Studi Komunikasi: Vol. 2, Ed. 1, 2018.




DOI: https://doi.org/10.36768/abdau.v3i1.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Address:

 
 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalabdau@stpi-bim.ac.id
email: jurnalabdau01@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/

Creative Commons License
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.