GERAKAN LITERASI DI KELAS V MIN I YOGYAKARTA

Fajriati Dwi Lestari

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah membaca merupakan salah satu kegiatan
yang sering dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, namun kenyataan yang
dilihat oleh peneliti tingkat membaca di sekolah dasar masih rendah. Oleh karena itu,
kegiatan berliterasi termasuk membaca perlu dibiasakan kepada anak sejak dini. MIN
I Yogyakarta sebagai salah satu madrasah yang unggul membiasakan anak membaca
dengan adanya gerakan literasi. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1)
jenis-jenis literasi, (2) strategi yang diterapkan, (3) dampak yang ditimbulkan dari
penerapan gerakan literasi di kelas V MIN I Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Penelitian
ini dilaksanakan di MIN I Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2017/2018
(Desember 2017-Februari 2018). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) jenis-jenis literasi yang terdapat di
kelas V MIN I Yogyakarta antara lain, literasi dasar, literasi sain, literasi
perpustakaan, dan literasi teknologi. (2) strategi yang diterapkan dengan membaca 15
menit sebelum pembelajaran dimulai, adanya pojok baca di setiap kelas dengan siswa
membawa buku yang berasal dari rumah ke sekolah sehingga siswa dapat membaca
kapanpun dan di manapun, gerakan literasi yang diintegrasikan dengan kurikulum
(kurikulum 2013), menuliskan intisari bacaan atau membuat sinopsis, berdiskusi dan
presentasi, pengadaan bahan pustaka. (3) dampak yang ditimbulkan dengan adanya
gerakan literasi seperti siswa menunjukan kegemaran karya tulis, peningkatan jumlah
kunjungan ke perpustakaan, terciptanya lingkungan yang literat dengan membiasakan
gemar membaca, meringankan beban guru dalam melatih kemampuan siswa
memperoleh informasi dengan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga siswa mempunyai
pengetahuan dan wawasan yang luas dan mendalam.

Keywords


Gerakan Literasi, Membaca.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





INDEXING SITES

      

Contact Person:
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta 
Jl. Jembatan Merah No 116 K,
Prayan Condong Catur,
Depok, Sleman, Yogyakarta
Indonesia
Tel: (0274) 588318
email: jurnalpgmistpi@gmail.com
Website: https://www.stpi-bim.ac.id/